Larang Berjualan di Sekitar Bekas Kebakaran

[tie_list type=”minus”]Pemkab Pagari Pasar dengan Seng[/tie_list]

LEMBANG – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengambil keputusan untuk menutup sementara lokasi Pasar Panorama Lembang dengan menggunakan seng. Hal ini dilakukan setelah adanya rekomendasi dari Polres Cimahi agar tidak melakukan aktivitas di area dalam Pasar Panorama Lembang.

Bupati Bandung Barat Abubakar mengimbau kepada seluruh pedagang untuk tidak melakukan aktivitas di dalam area pasar. Menurutnya, area dalam pasar perlu dibenahi dari sisa-sisa bangunan kios yang terbakar. ”Warga tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas di dalam pasar. Kita akan lakukan penutupan dengan memasang seng,” kata Abubakar kepada wartawan usai melakukan Rapat Koordinasi antar SKPD Pemkab Bandung Barat di Lembang kemarin (19/5).

Untuk para pedagang, lanjut bupati, saat ini melakukan aktivitas berdagang di sebelah utara pasar serta di area dekat terminal. Para pedagang memanfaatkan area berdagang dan terlihat tampak ramai. ”Jadi tidak perlu di relokasi ke Pacuan Kuda. Mereka (pedagang) memanfaatkan di area samping pasar dekat dengan terminal,” katanya.

Saat ini, kata bupati, pihaknya juga tengah berkonsentrasi untuk membangun kembali Pasar Panorama dengan konsep tetap tradisional. Hanya saja, bupati tidak menyebutkan kapan akan kembali dibangun pasar yang menjadi ikon Lembang tersebut. ”Tentu bakal dibangun lagi pasar tersebut. Kita akan pertahankan konsep tradisionalnya. Kita juga sedang memikirkan kontruksi bangunannya sekaligus dengan anggarannya,” bebernya.

Lebih jauh bupati menjelaskan, sebelum membangun kembali Pasar Panorama, pihaknya juga bakal merobohkan sisa bangunan yang masih berdiri. Menurut bupati, jika dibiarkan, takutnya akan roboh dan membahayakan. ”Kalau harus dibangun dari awal, tentu harus dirobohkan dulu. Itu juga agar menjaga keamanan,” ujarnya.

Bupati mengakui, ada pedagang yang memberikan masukan untuk pembangunan Pasar Panorama konsepnya seperti Pasar Batujajar dan Pasar Curug Agung. Masukan seperti itu akan dilakukan pembahasan dengan teknis dan dinas terkait. ”Soal konsep nanti harus dibicarakan secara teknis,” paparnya.

Sementara itu, para pedagang yang menjadi korban kebakaran pasar Panorama Lembang meminta Pemkab Bandung Barat untuk membangun kembali Pasar Panorama Lembang dengan lebih cepat. Menurut para pedagang, keberadaan pasar yang terbakar belum lama ini menjadi salah satu tempat mata pencaharian warga sekitar. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan