Laga Perpisahan Xavi

[tie_list type=”minus”]Vermaelen Kemungkinan Turun[/tie_list]

CATALAN – Barcelona akan menjalani jornada terakhirnya menghadapi Deportivo La Coruna, di Stadion Camp Nou, dini hari nanti. Tentu, jika berbicara gelar, laga pamungkas ini tidak berarti apa-apa bagi skuad Luis Enrique karena mereka sudah mengunci gelar sepekan sebelumnya melalui kaki Lionel Messi ketika mereka bertandang ke kandang Atletico Madrid.

Karena itu, laga terakhir ini nantinya dimaksudkan sebagai penghormatan bagi sang skipper Xavi Hernandez. Seperti sudah diketahui sebelumnya, ini merupakan musim terakhir baginya sebelum Xavi hijrah ke Qatar dan bermain bagi Al Sadd.

Kepastian itu diberikan oleh Xavi melalui sesi konferensi pers Kamis (21/5). ’’Saya ingin mengumumkan secara resmi bahwa saya akan meninggalkan Barca musim ini. Keputusan nan sulit ini sudah diambil. Saya pikir bahwa ini waktu yang tepat bagiku untuk pergi,’’ ujar Xavi seperti dilansir situs resmi klub.

Menurutnya, dengan meninggalkan klub yang telah dibelanya selama hampir 17 tahun tersebut, dan bergabung bersama Al Sadd dengan durasi kontrak selama tiga musim, merupakan keputusan paling baik yang pernah terbaiknya. Dengan demikian, dirinya bisa fokus untuk mengejar pengalaman melatih sekaligus sebagai duta Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di sana.

Padahal, Xavi mengakui bahwa klub telah memberikannya perpanjangan kontrak hingga 2018 sekaligus menggenapi pengabdiannya menjadi 20 tahun. ’’Saya berterima kasih kepada mereka. Namun, keputusan telah dibuat. Saya harap saya tidak mengecewakan siapapun,” tuturnya.

Keteguhan hati yang dilakukan Xavi tentunya membuat banyak publik pecinta sepakbola, merasa kehilangan. Sebab, playmaker yang mengawali debutnya ketika Piala Super Spanyol 18 Agustus 1998 silam itu bertabur rekor.

Diantaranya, Xavi mencatat rekor penampilan terbanyak di Barcelona. Dari total 764 caps yang dibuatnya, 66 persen atau 504 diciptakan pemain kelahiran Terrassa, 35 tahun itu, dari ajang La Liga.

Selain itu, pemain bernama lengkap Xavier Hernandez I Creus itu juga telah mempersembahkan 23 gelar kepada Barcelona. Inilah yang membuat Xavi layak mendapat predikat legenda Barcelona. Kiprahnya selama ini membuatnya dikagumi baik kawan maupun lawan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan