Kuning Hitam Makin Tenggelam

LEVERKUSEN – Musim lalu Borussia Dortmund masih bisa bersaing dengan Bayern Muenchen dalam perburuan gelar juara Bundesliga. Dortmund bahkan mampu finis di urutan kedua klasemen akhir. Namun, situasinya berbalik pada musim ini. Fans Die Schwarzgelben (Si Kuning Hitam)-julukan Dortmund, harus siap menerima kenyataan pahit pada akhir musim.

Borussia Dortmund
KIAN TENGGELAM: Para pemain Dortmund usai menjalani pertandingan

Ya, Dortmund bisa saja turun kasta karena posisi mereka di klasemen sementara Bundesliga semakin tenggelam. Dortmund harus menempati posisi juru kunci klasemen dengan baru mengoleksi 16 poin, seiring hasil imbang tanpa gol saat melawat ke markas Bayer Leverkusen kemarin.

Selain karena gagal meraih kemenangan, terpuruknya Dortmund juga tak lepas dari hasil yang didapatkan Freiburg. Klub yang sebelumnya berada di dasar klasemen itu berhasil naik ke peringkat 14 setelah menghajar Eintracht Frankfurt 4-1.

Meski menghuni dasar klasemen, arsitek Dortmund Juergen Klopp masih optimistis timnya bisa bertahan di Bundesliga.

”Saya tidak bisa mengatakan bahwa kami sekarang sedang berupaya menghindari degradasi,” kata Klopp seperti dikutip dari AFP.

Klopp menegaskan bahwa skuatnya sedang step by step menuju ke target kembali bersaing di papan atas. ”Bagaimana pun tambahan satu poin itu penting bagi kami. Sehingga kami tidak sampai ketinggalan dengan selisih yang sangat mencolok,” tuturnya.

Target untuk mentas dari dasar klasemen pun sudah didengungkan. Salah satunya dari pemain rekrutan anyar Dortmund, Kevin Kampl. Pemain blasteran Jerman-Slovenia itu menilai mereka tidak layak berada di peringkat terbawah. ”Kami tidak bisa berada di sini dengan kondisi seperti itu. Bukan hal mudah untuk kembali ke papan atas lagi,” cetusnya. (ren/bas/asp)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan