KNPI Jabar Peringati Hari Jadi ke-41

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk menjalakan program-program KNPI, saat ini masih diberikan bantuan oleh Pemprov Jabar untuk menggerakan roda organisasi-organisasi dalam wadah KNPI.

KNPI dibantu oleh Pemprov Jabar sebesar sebesar Rp 3 miliar. Jumlah ini dinilainya sangat minim, terlebih KNPI menaungi ratusan OKP dengan yang tersebar di seluruh daerah di Jabar.

”Kalau kita hitung, jumlah ini sangat kurang tapi kita tidak melihat ke arah sana. Sebab dari dulu pemuda berjuang meraih kemerdekaan berkorban atas dasar keikhlasan dan tanpa biaya. Nah, kita harus mencontoh itu,” ucap dia.

Dalam perkembangannya, lanjut dia, saat ini wadah KNPI tersebar di 27 kabupaten/kota dan sangat terbuka bagi organisai kepemudaan yang ingin bergabung. Selain itu, di KNPI juga terdapat 106 OKP dan 20 organisasi kepemudaan ingin bergabung.

Ke-20 oraganisasi ini baru sebatas tamu undangan, sebab untuk bergabung dengan KNPI harus memiliki persyaratan. Salah satunya, organisasi tersebut telah terdaftar di Kemenkumham akte Notaris, dan memiliki AD/ART dan memiliki cabang minimal 14 di daerah tingkat Kabupaten.

Selain itu, organisasi ini juga pada tahun kedua akan ditempatkan sebagai peninjau. Kemudian nantinya akan ditetapkan sebagi anggota KNPI pada Musda yang sebelumnya akan dilakukan verifikasi.

”Untuk programnya sendiri, KNPI saat ini tengah menggenjot kualitas SDM melalui berbagai pelatihan untuk menciptakan pemuda mandiri dan kreatif, sehingga berjiwa enterprenuer,” pungkas Saca. (yan/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan