Kibarkan Bendera di Gunung Ciremai

SOREANG – Lima anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Bandung berhasil mengibarkan bendera Sabilulungan di atas Gunung Ciremai, Kuningan. Pengibaran bendera Sabilulungan ini merupakan rangkaian dari Ekspedisi Sabilulungan.

Purna Paskibraka Indonesia (PPI)
istimewa

EKSPEDISI: Lima orang Purna Paskibraka Indonesia (PPI) berfoto di atas puncak Gunung Ciremai kemarin.

Alhamdulillah, hari ini kami berhasil mencapai puncak Gunung Ciremai dan mengibarkan bendera Sabilulungan,” ungkap Ketua PPI Kabupaten Bandung, Dian Komar Hardiansyah, kemarin (20/9).

Para peserta Ekspedisi Sabilulungan yang berangkat dari Soreang, Kamis (17/9). Memasuki Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) pada Kamis sore, dan mulai melakukan pendakian pada Sabtu (18/9). Dian menjelaskan, ekspedisi ini dilakukan sebagai bagian dari kampanye untuk menyebarkan filosofi ‘Sabilulungan’ yang menjadi moto pembangunan di Kabupaten Bandung.

Ditambahkan Dian, penerapan filosofi ‘Sabilulungan’ yang memiliki arti hidup sareundeuk, saigel,sabobot,sapihanean atau secara sederhana berarti gotong royong ini, bisa menjadikan Kabupaten Bandung sebagai daerah termaju di Jawa Barat. Dan saat inipun, tambah dia, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung tertinggi diantara kabupaten-kabupaten lain di Jawa Barat. ”Makanya, kami memilih Gunung Ciremai sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat,” tambah Dian.

 

Tak hanya itu, Dian berharap, dengan adanya ekspedisi ini, moto Sabilulungan tetap digunakan sebagai spirit pembangunan Kabupaten Bandung dalam periode kepemimpinan bupati selanjutnya. Dengan demikian, akan terjadi pembangunan berkelanjutan yang akan semakin mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bandung. (mg15/rie)

Tinggalkan Balasan