Kampanyekan Anti Korupsi via Teater

bandungekspres.co.id – Unit Kegiatan Mahasiswa Bamboo bersama Barak Teater, menyelenggarakan Pagelaran Teater dan Musikalisasi Puisi Antikorupsi dengan tema ’Refleksi Hari Anti Korupsi’ di Bale Rumawat, Universitas Padjadjaran.

teater
HERDIANSYAH/BANDUNG EKSPRES

KOLABORASI: UKM Bamboo mengadakan pagelaran teater dalam rangka menyuarakan aksi anti rasuah yang marak di Indonesia.

Ketua Pelaksana Diwa Agustan Fadillah mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi para seniman dari berbagai komunitas teater yang ada di beberapa kampus, karena gelisah terhadap problematika korupsi. Teater ini sengaja digelar secara kolaborasi dalam rangka kampanyekan nilai-nilai antikorupsi yang disajikan dengan bentuk teatrikal.

’’Hal ini tentu saja agar ke depan kampanye antikorupsi harus merupakan gerakan kolektif berbagai kelompok masyarakat. Dan teater merupakan salah satu kelompok kreatif yang bisa menyampaikan nilai-nilai, kritik serta pesan antikorupsi,’’ katanya kepada Bandung Ekspres, kemarin.

Diwa mengungkap, pementasan kali ini merupakan kali kelima dalam penampilan teater. Dengan diadakannya pertunjukan ini, diharap agar kalangan pelajar dan masyarakat bisa selalu teringat akan perbuatan korupsi itu yang dilarang serta rugikan orang banyak. Sehingga mereka tidak akan melakukan hal seperti ini, bahkan diharapkan bisa mencegahnya apabila ada tindakan menjurus korup.

’’Dengan pertunjukan ini, kami harap para pelaku korupsi bisa sadar dan tidak kembali melakukan tindakan tersebut,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Asep Nunu Nugraha menjelaskan, selain mahasiswa, teater ini diikuti pula pelajar SMA. Menurutnya, agar masyarakat luas bisa lebih mengetahui akan hal yang berhubungan dengan tindakan korupsi. Maka itu, pihaknya melibatkan masyarakat untuk ikut serta dalam pementasan berikutnya.

’’Ini akan menjadi agenda rutin kami, dan ke depan mungkin pertunjukan ini akan dilaksanakan di luar gedung atau tempat terbuka, agar mayarakat umum bisa ikut menyaksikannya,” tandas Asep. (dn/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan