Juara 3 Lomba Robot Tingkat ASEAN

[tie_list type=”minus”]SMKN 2 Cimahi Manfaatkan Barang Bekas [/tie_list]
CIMAHI – Murid SMKN 2 Cimahi berhasil membuat robot dari barang bekas. Karya tersebut berhasil menyabet juara 3 pada pagelaran Robotic Day tingkat Asia Tenggara yang diselenggarakan di SMAN 28 Jakarta beberapa waktu lalu.
Robot yang dibuat mempunyai bentuk seperti mobil, beroda empat, di atasnya menggunakan kamera untuk memudahkan pengendalinya melihat dari sudut pandang robot. Sementara sistem kontrolnya menggunakan bluetooth dari android.
Robot yang berwarna hijau itu dirangkai oleh sebagian besar barang bekas. Hal itu disampaikan oleh salah seorang perakit robot, Arisna Arif Indrawan.
”Untuk roda diambil dari mainan bekas yang sudah tidak terpakai, body robotnya dari alumunium bekas praktek sekolah,” katanya saat ditemui SMKN 2, Jalan Kamarung, Cimahi, kemarin (26/5).
”Alhamdulillah karya kami mendapat juara 3 tingkat ASEAN,” ujar siswa kelas XI itu.
Dia mengisahkan, waktu yang dihabiskan dalam mengerjakan robot tersebut memakan waktu kurang lebih satu bulan, dengan kelompok yang beranggotakan tiga orang. Fungsi dari robot tersebut adalah untuk membantu memadamkan listrik. Robot ini dibuat untuk memadamkan api dalam musibah kebakaran. ”Didalam robot kami, ada sistem untuk mengeluarkan air dan angin untuk memadamkan api,” ujarnya.
Sementara itu, guru pembimbing jurusan mekatronika Arif Priyo Handoko mengatakan, anak didiknya membuat robot dengan kategori robot roda. Dia menjelaskan, jenisnya adalah robot umum. Semua dirakit oleh muridnya sendiri. Dia membenarkan bahwa semua bahan dalam memproduksi robot sebagian besar memanfaatkan barang bekas. Sementara proses pembuatannya sendiri dilakukan di ruang praktek sekolah.
”Hampir semuanya dari barang bekas, hanya micro controler-nya yang baru. selebihnya barang bekas,” kata guru Elektronika Dasar SMKN 2 Cimahi itu seraya mengaku bangga dengan kreasi anak didiknya tersebut.
Sementara itu, Kepala sekolah SMKN 2 Cimahi Mulyono didampingi Pembina Robotik SMKN 2 Cimahi Kusman Subraja menuturkan, pembuatan robot ini diharapkan bisa bermanfaat bagi mereka dimasa mendatang. Tidak hanya itu saja, robot tersebut diharapkan bisa bermanfaat bagi industri serta memajukan teknologi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan