Jegal Ambisi Treble Winners

Fiorentina vs Juventus

FIRENZE – Juventus menjadi satu-satunya klub Italia yang dapat mengakhiri musim ini dengan treble winners. Memimpin puncak klasemen Serie A hingga giornata ke-29, lolos ke babak perempat final Liga Champions, dan dini hari nanti sudah dihadang Fiorentina di semifinal Coppa Italia.

Nah, misi terakhir itulah yang bisa saja kandas di tengah jalan. Pasalnya, Si Nyonya Tua sudah ketinggalan agregat gol setelah menelan kekalahan di Juventus Stadium 1-2 pada leg pertama, 5 Maret lalu. Defisit satu gol itu yang harus dikejar Gianluigi Buffon dkk di Artemio Franchi, kandang Fiorentina.

Artinya, untuk melenggang ke laga puncak di Olimpico pada 7 Juni mendatang, minimal marjin dua gol harus dibuat Juve. Kalaupun hanya marjin satu gol, skor yang dicetak oleh Carlos Tevez dan Alvaro Morata harus tiga gol ke atas untuk mengungguli keunggulan gol tandang La Viola.

Catatan cleansheet dalam lima pertandingan terakhir sudah menjadi garansi awal bagi lini pertahanan Juventus. Sekarang, tinggal memaksimalkan agresivitas dalam mencetak gol saja. Sekalipun Tevez sedang on fire, kecuali di Liga Champions, mentok dua gol dicetak pemain Juve di kompetisi domestik, baik di Serie A ataupun Coppa Italia.

Lima laga terakhir domestik misalnya. Kalah atas Fiorentina (5/3) 1-2, menang 1-0 atas Sassuolo (9/3), Palermo (14/3) dan Genoa (22/3), plus mengalahkan Empoli 2-0 pekan lalu. Jika dirasio, hanya 0,83 gol yang diciptakan para pemain Juventus dalam lima laga terakhir.

Tren itulah yang harus dihindari skuat asuhan Massimiliano Allegri tersebut jika tidak ingin jalan treble winners-nya terganggu. ”Kami harus yakin bisa lolos ke final, ingat ini sepakbola, semuanya bisa terjadi di dalamnya, pun untuk membalikkan keunggulan,” ujar Allegri seperti yang dikutip dari Republicca.

Untuk laga itu nanti, peran Andrea Pirlo dan Paul Pogba dipastikan belum bisa kembali ke line up Allegri. Makanya, laga ini akan jadi ujian kedua bagi trio lini tengah Juventus yang dipercayakan kepada Arturo Vidal, Claudio Marchisio, dan Roberto Pereyra. Trio ini sudah lulus dua ujian di dua laga Serie A, kontra Genoa dan Empoli.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan