Jawa Barat Siap Sukseskan Gelaran Pepapernas VII/2015

KURANG dari satu bulan, Jawa Barat akan menjadi tuan rumah gelaran Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Pepapernas) VII/2015. Multieven olahraga tingkat pelajar disabilitas tingkat nasional itu akan digelar 9-16 Juni 2015 mendatang.

Peparpenas
ISTIMEWABERSIAP: Peserta pekan olahraga disabilitas tengah bersiap untuk berlari.

Asisten Deputi Olahraga Layanan Khusus Kemenpora Bayu Rahadian menuturkan, persiapan untuk menggelar Pepapernas VII/2015 di Jawa Barat sudah digelar sejak Februari 2015 silam. Pihaknya pun sudah melakukan beberapa kali pertemuan dengan pihak tuan rumah Jawa Barat.

”Semua sudah berjalan sesuai rencana, saat ini kita tinggal pemantapan saja. Koordinasi dengan National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) dan Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jabar sudah dilakukan jauh-jauh hari,” ujar Bayu kepada wartawan.

Salah satu hal yang dinilai masih harus dimantapkan yakni terkait tugas dan fungsi pada Laison Officer (LO) atau pendamping kontingen Pepapernas VII/2015. Pasalnya, atlet yang akan didampingi para LO ini merupakan atlet disabilitas yang membutuhkan penanganan khusus.

”Tidak seperti atlet pada umumnya. Mendampingi atlet Pepapernas ini harus lebih sabar. Jadi tidak hanya siapkan fisik, tapi juga mental serta emphaty yang tinggi dari setiap LO,” tegasnya.

 Sementara itu, Kepala Bidang Keolahragaan Disorda Jabar, Nandang Saptari mengaku jika Jabar sudah sangat siap menggelar pelaksanaan Pepapernas VII/2015. Selain kesiapan venue pertandingan cabang olahraga, pihaknya pun sudah menyiapkan sarana pendukung lain. Seperti akomodasi, dan konsumsi.

”Karena ini gelaran bagi para penyandang disabilitas, kami pun menyiapkan akomodasi maupun venue yang mudah diakses oleh para atlet. Seperti untuk hotel, kita siapkan hotel yang memiliki fasilitas bagi para penyandang disabilitas. Ada sekitar 5 sampai 6 hotel yang dekat dengan venue pertandingan yang kita siapkan untuk menampung sekiatr 700 atlet pelajar difabilitas,” papar Nandang.

Pepapernas VII/2015 di Jawa Barat sendiri akan mempertandingkan sebanyak lima cabang olahraga. Yakni Renang, Bulutangkis, Tenis Meja, Atletik, dan satu cabang olahraga baru di Pepapernas VII yakni Catur. Kelima cabang olahraga tersebut akan dipertandingkan di dua venue. Yakni Lapangan Atletik Pajajaran Bandung dan komplek olahraga UPI. (fjb/mio)

Tinggalkan Balasan