Jalan Rusak Serupai Kolam

Warga Sebut Dinas Bina Marga Asal-asalan

SINDANGKERTA – Jalan Raya Pasar Sukajadi, Desa Cicangkang Girang, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyerupai sebuah kolam ikan. Pasalnya, jalan yang merupakan akses menuju Gunung Halu tersebut sudah rusak sejak lima tahun yang lalu tanpa ada perbaikan dari pemerintah. Warga menuding, kinerja yang dilakukan Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan KBB untuk memperbaiki infrastruktur di wilayah selatan asal-asalan.

Pantauan di lapangan, Jalan Raya Pasar Sukajadi yang rusak tersebut diperkirakan memiliki panjang 100 meter, lebar 5 meter dan kedalaman rusak jalan berkisar 30 centimeter. Masyarakat yang hendak melewati jalan tersebut harus rela mengantre lantaran kendaraan tak bisa melaju dengan cepat.

Warga Desa Cicangkang Girang, Euis Sutarni, 45, mengatakan, jalan ini sudah lama tidak diperbaiki sehingga membuat masyarakat terganggu saat akan melewati jalur ini. Kendaraan motor dan mobil juga, kata dia, seringkali mengantre lantaran sulitnya melalui jalan rusak layaknya sebuah kolam ikan. ”Masyarakat berharap pemerintah dapat melihat langsung kondisi jalan di kawasan Sindangkerta. Karena bukan jalan di desa ini saja, jalan di desa lainnya juga yang tidak jauh dari sini, banyak yang rusak. Kayanya kinerja Dinas Bina Marga itu asal-asalan saja,” katanya kepada wartawan di Sindangkerta, kemarin (10/2).

Dia menambahkan, bila terus-terusan jalan rusak ini dibiarkan, kondisinya bakal lebih parah terutama saat ini sudah sering turun hujan. Bahkan, kata dia, jika sudah datang musim kemarau, jalan ini banyak berdebu yang dapat mengganggu para pengendara dan juga masyarakat sekitar. ”Kalau lagi musim kemarau debunya mengganggu warga sekitar. Kalau hujan, lihat saja seperti kolam digenangi air. Belum lama ini banyak kecelakaan dan terjatuh akibat lubang yang besar,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Rahmat Taryono, 39. Menurut dia, jalan rusak bukan hanya di Jalan Raya Pasar Sukajadi, melainkan Jalan Cijere, Desa Cicangkang Girang dan Jalan Kampung Malaka, Desa Cikadu, Kecamatan Sindangkerta. Bahkan, sejumlah jalan yang akan menuju Kecamatan Gunung Halu seperti jalan di Desa Sindangjaya, Kecamatan Gunung Halu juga rusak parah. ”Bukan hanya di Sindangkerta saja. Tapi, jalan di wilayah Gunung Halu juga rusak parah,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan