Jabar Seleksi Atlet Terbaik

PAJAJARAN – Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov Percasi) Jabar melakukan pemilihan dan pemilihan atlet catur Jabar yang akan masuk dalam susunan tim inti. Percasi berharap, tim catur Jabar bias meraih hasil pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 mendatang. Terlebih, mereka tampil sebagi tuan rumah.

Catur Jabar - bandung ekspres
AUG: Pecatur putri Indonesia Chelsea Monica
pada Asean University Games (AUG).

’’Untuk itu, kita gelar seleksi atlet catur dari seluruh Jabar untuk mendapatkan yang terbaik dari yang paling baik. Kita ingin ikut dalam menyukseskan target Jabar Kahiji di PON XIX/2016. Cabang olahraga catur pun ingin meraih tutel juara umum,’’ ujar Sekretaris Umum Pengprov Percasi Jabar Dicky Irvan Firmansyah kepada wartawan di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, kemarin (24/2).

Pelaksanan seleksi, kata Dicky, akan digelar melalui beberapa tahap. Dengan begitu, atlet-atlet catur berkualitas Jabar akan benar-benar tersaring dan terasah kemampuannya.

Dia merinci, tahapan seleksi pertama digelar mulai Senin (23/2) kemarin dan berakhir hingga Kamis (26/2) di Hotel Baltika, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung. Dari tahapan seleksi pertama tersebut, pihaknya akan mengambil sebanyak 20 atlet. Terdiri dari 10 pecatur putra dan 10 pecatur putri.

’’Untuk total pecatur yang mengikuti seleksi pertama ini jumlahnya mencapai 64 atlet catur. Mereka berasal dari 17 Pengcab Percasi Kota/Kabupaten se-Jabar,’’ tambahnya.

Meski sudah berhasil terpilih dalam seleksi tahap pertama, Dicky menegaskan jika para atlet tidak bisa berdiam diri. Mereka pun harus terus mengasah kemampuan mereka. Pasalnya, pihaknya akan tetap melakukan sistem promosi degradasi hingga pembentukan tim inti Catur Jabar untuk PON XIX/2016 terbentuk.

’’Rencananya, seleksi ini kita akan lakukan sebanyak tiga putaran. Sehingga, atlet yang terjaring benar-benar atlet yang berkualitas dan memiliki kans mereaih medali emas di PON XIX. Kita ingin menyukseskan Jabar Kahiji dengan meraih gelar juara umum di cabang olaraga catur PON XIX,’’ tandasnya. (iki/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan