Irene Jadi Wakil Asia

Atlet Jabar Bakal Tampil di Kejuaraan Dunia

BANDUNG – Jawa Barat boleh berbangga. Salah satu pecatur asal Jawa Barat, Irene Kharisma Sukandar tampil pada kejuaraan dunia catur bertajuk ’Women’s World Championship 2015’ di Rusia pada Maret 2015 mendatang. Grand Master Wanita (GMW) pertama di Indonesia asal Jawa Barat itu tak hanya menjadi wakil Indonesia di kejuaraan dunia tersebut. Namun, Irene pun mewakili zona Asia setelah menjadi juara pada Asian Continental Women Chess Championship pada tahun 2012 dan 2014.

”Kejuaraan dunia ini sistemnya tak jauh seperti Piala Dunia di sepakbola. Jadi untuk bisa berpartisipasi, harus melalui babak kualifikasi di zona masing-masing. Jadi seleksinya sangat ketat,” ujar Irene saat beraudiensi dengan Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung.

Irene pun menjadi pecatur wanita pertama asal Indonesia yang mengikuti kejuaraan dunia tersebut. Sebelumnya, dua pecatur lain asal Indonesia sempat mengecap turnamen tingkat dunia tersebut. Yakni GM Utut Adianto dan GM Susanto Megaranto.

”Kedatangan saya ke KONI Jabar untuk berpamitan sekaligus meminta doa restu dari Ketua KONI Jabar serta masyarakat Jabar sehingga saya bisa tampil maksimal di Rusia nanti,” papar Irene.

Pada kejuaraan dunia tersebut, Irene akan bersaing dengan 64 pecatur dunia yang mewakili zonanya masing-masing. Sebelum berlaga di kejuaraan dunia tersebut, Irene akan terlebih dulu mengasah kemampuannya pada kejuaraan catur Moscow Open pada Januari 2015 ini. Usai mengikuti gelaran Moscow Open, dirinya akan kembali melakukan latihan di negeri Beruang Putih -julukan Rusia- bersama pelatih asal negara tersebut.

”Secara pribadi, saya ingin jadi juara dunia di kejuaraan dunia tersebut meski baru pertama kali mengikuti. Tapi secara teknis, saya belum mengetahui kekuatan lawan. Intinya, saya akan keluarkan kemampuan terbaik disana. Mohon doa restunya dari seluruh masyarakat Jabar dan Indonesia,” tandasnya.

Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin mengaku bangga dengan pencapaian pecatur Jabar, Irene Kharisma Sukandar. Pihaknya pun siap membantu Irene sebagai kewajiban KONI Jabar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan