Integritas Tertinggi UN SMP

JAKARTA – Prestasi hebat dibukukan SMPN 1 Kota Magelang. Sekolah yang terletak di kawasan Boton itu meraih meraih nilai indeks integritas Ujian Nasional SMP (berbasis kertas) tertinggi tingkat nasional 2015 dengan skor 97,12.

SMPN 1
ISTIMEWABERDOA: Para siswa SMPN 1 Magelang melakukan shalat berjamaah menjelang ujian nasional tingkat
SMP/sederajat. Berdasarkan data, sekolah tersebut meraih nilai integritas tertinggi dalam unas.

Nilai indeks integritas mencerminkan tingkat kejujuran peserta dalam mengerjakan soal UN. Sementara, nilai rata-rata hasil UN SMPN I Kota Magelang ialah 93,53. Hasil itu mendapat apresiasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

’’Capaian keberhasilan ini hendaknya tidak hanya dilihat dari nilai semata. Republik ini butuh anak yang berintegritas tinggi dan berkarakter kuat,’’ kata Anies dalam keterangan tertulisnya, kemarin (11/6).

Anies mengatakan, prestasi siswa dipengaruhi ekosistem pendidikan yang baik. Siswa harus dibina dan sekolah juga perlu diberikan kesempatan untuk berkembang. Di samping itu, diperlukan komitmen pemimpin daerahnya.

’’Para kepala sekolah penting sekali perannya. Jangan hanya dilihat dari sisi administratif, tetapi kepemimpinan adalah hal yang mendasar,’’ tukas rektor Universitas Paramadina itu.

Indikator integritas, jelas Anies, dapat diukur di sekolah-sekolah yang menggunakan paper based test dengan melihat pola kesalahan jawab para siswa.

UN SMP tahun 2015 diselenggarakan di 52.163 sekolah dan diikuti oleh 4,1 juta siswa. ‎Anies menegaskan dirinya lebih khawatir nilai integritas siswa turun daripada nilai akademisnya menurun.

’’Saya tidak khawatir nilai akademis naik atau turun. Tapi lebih ke integritasnya. Yang penting naik turunnya kredibel,’’ tuturnya. ‎

Sementara itu, Walikota Magelang Sigit Widyonindito menambahkan, pihaknya berkomitmen memajukan dunia pendidikan. ’’Pembangunan sarana fisik juga terus ditingkatkan. Komitmen para guru memajukan pendidikan sangat tinggi,’’ kata Sigit. (esy/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan