Ingin Ikat Hubungan Emosional

Kabid Humas Polda Jabar Berbagi dengan Bandung Ekspres

KIARACONDONG – Dalam rangka melakukan sosialisi, Kabid Humas Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono menyambangi kantor redaksi Bandung Ekspres kemarin (9/1). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk perkenalan dirinya karena baru serah jabatan pada Kamis (8/1) lalu.

Sebelumnya, pria yang lebih suka dipanggil Pudjo ini bertugas di Polda Papua. Dalam lawatannya, Pudjo mengatakan, perlu ada hubungan emosional yang baik antara kepolisian dengan media. Polisi sebagai narasumber yang tidak habis informasi membutuhkan kerjasama media. ’’Polisi sebagai pelaksana stabilitas kamtibmas. Media yang memberikan pencerahan kepada masyarakat,’’ ungkap Pudjo kepada Bandung Ekspres.

Selain itu, Pudjo mengatakan, hal itu dilakukan agar masyarakat memahami kinerja kepolisian yang selama ini selalu terkesan kaku. Dengan semangat mengayomi dan melayani, Polisi juga harus senantiasa dekat dengan masyarakat. ’’Sehingga, tidak ada sangkaan polisi itu diam saja,’’ ujarnya.

Pria humoris itu berharap, melalui kerjasama baik yang dilakukan dengan media, kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan. Kepolisian mendapat legitimasi dan akuntabilitas dari masyarakat. Yakni berupa penerimaan baik dan akuntabilitas terukur atas dasar hukum oleh masyarakat. ’’Sementara, media mendapatkan keuntungan ekonomi,’’ tandasnya.

Dia bercerita, saat bertugas di Papua, handphone yang dimilikinya diisi dengan ratusan nomor dari para awak media se-Indonesia. ’’Sekarang pasti nambah lagi di Jawa Barat. Mungkin lebih dari seratus ya,’’ ungkapnya sambil tertawa.

Dengan adanya hubungan yang harmonis dengan media, semua hal yang berhubungan dengan kamtibmas akan mampu dengan cepat diterima oleh masyarakat dengan baik. (mg2/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan