Indeks Provinsi Jawa Barat di Atas Rata-rata

[tie_list type=”minus”]Terbaik Pada Ajang Indonesia’s Attractiveness Award 2015[/tie_list]

JAKARTA – Provinsi Jawa Barat dinobatkan sebagai provinsi terbaik di ajang Indonesia’s Attractiveness Award 2015 oleh Tempo Media Group dan Frontier. Anugerah ini diserahkan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yudi Crisnadi kepada Plt. Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa pada malam penganugerahan Indonesia’s Attrativeness Award 2015, di Hotel Mulia Jakarta, Jumat (12/06) malam.

Frontier adalah salah satu lembaga survei ternama yang menangani survei di beberapa perusahaan ternama. Penilaiannya diambil dari empat unsur, yaitu infrastruktur, pariwisata, pelayanan publik, dan investasi.

Provinsi Jawa Barat berhasil mengumpulkan indeks total 79,44 dari total penilaian yang diambil dari empat unsur. Yaitu infrastruktur, pariwisata, pelayanan publik, dan investasi. Metode survei yang digunakan adalah kontribusi PDRB dari 508 kabupaten/kota kemudian surveinya mengerucut menjadi 112 kabupaten/kota. Terus mengerucut lagi melalui empat indikator investasi, infrastruktur, pariwisata, dan pelayanan publik, sehingga menghasilkan penghargaan bagi kota terbaik. Survei ini melibatkan 9.296 responden yang terdiri atas 336 investor dan 8.960 publik.

Plt. Sekda Jabar Iwa Karniwa menyampaikan terima kasih kepada Tempo Media Group dan Frontier atas apresiasi kepada Pemprov Jawa Barat menjadi provinsi terbaik pertama dari 24 provinsi terbaik. ”Perhargaan ini merupakan kerja keras Pak Gubernur Ahmad Heryawan, Pak Wagub Deddy Mizwar, Sekda dan seluruh jajaran pemprov yang didukung oleh DPRD dan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, perhargaan ini memacu Pemprov Jabar untuk terus bekerja keras dan lebih baik lagi dalam mempercepat kesejahteraan masyarakat Jawa Barat. ”Kami menghimbau masyarakat mari terus kerja, kerja dan kerja. Insya Allah kesejahteraan kita semua cepat tercapai,” ujar Iwa.

CEO Frontier Handi Irawan D. mengatakan, survei yang dilaksanakan sangat akurat. Frontier selama 20 tahun terakhir melakukan survei untuk berbagai brand ternama di Indonesia. Menurut Handi, kemajuan dan daya saing daerah ditentukan oleh pelayanan publik, ketersediaan infrastruktur, peningkatan pariwisata, dan ketertarikan investor. Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap kepala daerah untuk lebih termotivasi memberikan pelayanan terhadap masyarakatnya. Penghargaan tersebut juga merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran kepala daerah dalam menjadikan daerahnya sebagai tujuan investasi dan pembangunan.

Tinggalkan Balasan