Ibun Miliki Potensi Terpendam

[tie_list type=”minus”]Jalan Tembus Permudah Akses ke Lokasi Wisata[/tie_list]

IBUN – Wilayah Kecamatan Ibun, memiliki potensi alam yang cukup tinggi. Seperti halnya, kekayaan alam Kawah Kamojang dan Danau Ciharus. Keduanya merupakan tempat wisata favorit yang masih perlu dikembangkan sebagai desa wisata.

Seperti yang diungkapkan Koordinator Pecinta Lingkungan Kecamatan Ibun, U. Ruhiyat. Dia menerangkan, rencana pengembangan pembangunan kawasan wisata yang ada di wilayah Kecamatan Ibun harus terus digenjot. Selain kaya akan alam, peternakan, pertanian dan perikanan juga harus ditingkatkan.

’’Sebab, kalau sektor kehutanan sudah jelas saat ini menjadi fokus perhatian penggiat lingkungan yang harus dikembangkan,’’ kata U. Ruhiyat kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) kemarin (9/6).

Menurutnya, untuk mendongkrak pengembangan pariwisata, Pemerintan Kabupaten Bandung melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) saat ini sedang membangunan jalan tembus Cukang–Monteng–Kamojang. ’’Pembangunan infrastruktur jalan dengan tujuan supaya lebih mempermudah akses sarana transportasi agar lebih terjangkau,’’ tuturnya.

Dia menilai, Ibun akan lebih maju dan berkembang dengan beragam potensi wilayah. Apalagi ditunjang dengan adanya pembangunan jalan dapat menggenjot peningkatan pariwisata. ’’Selain sektor ekonomi, juga pemberdayaan warga setempat,’’ ucapnya.

Oleh karena itu, dia berharap potensi wilayah di Kecamatan Ibun dapat diawali dengan terus menggali potensi desa, kecamatan, infrastruktur dan potensi lainnya akan semakin diketauhi publik melalui sosialisasi.

Sementara itu, Camat Ibun Drs Ika Nugraha mengaku, pihaknya terus berupaya mendorong potensi yang ada di wilayah kerjanya. Melalui penataan, pemeliharaan pembangunan sarana infrastruktur jalan salah satu dorongan pemerintah. ’’Kami terus berupaya meningkatkan sarana agar semakin maju dan berkembang,’’ ucapnya.

Tidak hanya itu, kata dia, dari segala sektor pun pemerintah akan terus memberikan fasilitasi guna mendorong aktivitas masyarakat di Kecamatan Ibun. ’’Potensi lainnya yang dihasilkan oleh perajin seperti Borondong, Opak, Keripik, terdapat di Ibun untuk jajanan oleh-oleh,’’ tutup dia. (aku/far)

Tinggalkan Balasan