Hatta Berpeluang Ubah Tradisi PAN

JAKARTA – Peneliti Cyrus Network Hasan Hasbi menyatakan, Hatta Rajasa berpeluang merubah tradisi ketua umum satu periode di Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi dua periode.

Ini disampaikan Hasbi, melihat hasil sensus Center for Strategic and Internasional Studies (CSIS), yang menyatakan dukungan DPC terhadap Hatta Rajasa lebih tinggi dibanding dukungan ke Zulkifli Hasan, yang akan bertarung di Kongres ke IV PAN di Bali, akhir bulan ini.

’’Kemungkinan besar dengan dukungan terhadap Hatta, PAN akan merubah tradisinya, dari satu periode jadi dua periode. Tapi ini masih bisa berubah, apalagi ada DPW/DPC yang belum tergarap oleh dua kandidat,’’ kata Hasbi di kantor CSIS, Jakarta kemarin (26/2).

Terpisah, Ketua DPP PAN, Tjatur Satpo Edy menyatakan adanya sensus CSIS tersebut menguatkan peluang Hatta Rajasa kembali memimpin PAN.

’’Hasil survei CSIS itu semakin menjelaskan dan memperkuat peluang Pak Hatta kembali menjadi ketua umum PAN,’’ ujar Tjatur.

Dia juga yakin, perolehan suara untuk Hatta dalam kongres nanti akan jauh lebih tinggi dari hasil sensus CSIS. Sebab, selama ini Hatta mampu menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan para kader di daerah.

’’Saya yakin, jumlahnya lebih tinggi dari 42,77 persen (hasil sensus CSIS) untuk Hatta Rajasa. Pemilih Pak Hatta adalah pemilih loyal, tidak karena sesuatu dan lain hal,’’ tandas Ketua Fraksi PAN DPR ini. (fat/jpnn/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan