Hari Ini, Baros International Animation Festival (BIAF) ke-3 Digelar

CIMAHI – Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia bersama Pemerintah Kota Cimahi akan menggelar launching untuk menyambut gelaran akbar festival animasi bertajuk Baros International Animation Festival (BIAF) ke-3 di Kantor Kementerian Perdagangan Jalan M.I. Ridwan Rais No 5, Jakarta Pusat, hari ini (22/6).

JP PHOTO KARYA KREATIF: Film Animasi Superneli menjadi salah satu film buatan anak muda Cimahi. Namun kurang dipopulerkan.
JP PHOTO
KARYA KREATIF: Film Animasi Superneli menjadi salah satu film buatan anak muda Cimahi. Namun kurang dipopulerkan.

Dalam launching nanti, melalui Kemendag akan menggelar serangkaian penampilan multimedia (shadow art perfomance, video bumper BIAF), laporan dan sambutan dari Wali Kota Cimahi sebagai inisiator BIAF dan sambutan dari Kemendag yang kemudian dilanjutkan acara Talkshow dengan narasumber dari Cimahi Creative Association (CCA), pelaku industri dan kementerian terkait.

Kepala Kantor Penanaman Modal Kota Cimahi Untung Undiyanto mengatakan, launching BIAF kali ini awalnya terselenggara berkat dukungan dari Dirjen Pengamanan Ekspor Nasional yang ikut mempromosikan gelaran ini baik pada skala Regional, Nasional bahkan Internasional. ”Sehingga dari sana kita mendapat undangan dari kementerian perdagangan dengan mengadakan launching BIAF,” ujar Untung saat ditemui di sela-sela HUT Cimahi kemarin (21/6).

Dalam launching nanti, dikatakan Untung, akan hadir sejumlah tamu undangan dan para pelaku animasi berskala nasional dan internasional. Juga akan turut hadir dari sejumlah kedutaan luar negeri untuk Indonesia dan lembaga-lembaga yang memiliki akses ke luar negeri.

Dilanjutkannya, BIAF dengan produknya berupa animasi, merupakan salah satu investasi yang sedang dikembangkannya. Selain produk makanan dan minuman, BIAF ini menjadi salah satu produk unggulan Kota Cimahi.

”Untuk makanan dan minuman sudah banyak di kota lain, namun animasi ini masih sedikit. Berbeda dari kota lain,” ujarnya kemarin.

Oleh sebab itu, pihaknya berencana akan terus mengembangkan BIAF melalui komunitas CCA yang merupakan bentukan dari pemerintah Kota Cimahi. Dengan harapan, melalui acara BIAF ini banyak anggota CCA yang dilirik oleh negara-negara lainnya. ”Banyak seperti negara Iran, Malaysia yang menawari untuk belajar di sana,” ungkapnya.

Sebelumnya, melalui ajang BIAF ini beberapa orang yang telah mengikuti ajang BIAF. Di antaranya kini telah mendapat pendidikan magang di sekolah animasi Singapura.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan