Hari Bahagia untuk Timnas Basket

SINGAPURA – Kemarin (12/6) menjadi hari bahagia dan sangat indah untuk basket Indonesia. Tim putra dan putri sukses besar dengan membekuk lawan-lawan sulit kawasan Asia Tenggara.

Tim putra memastikan ke semifinal setelah mengganyang Malaysia 67-59 pada laga hidup dan mati Grup A di OCBC Arena Hall 1.

Indonesia lolos ke empat besar dengan mendampingi juara grup yang juga raksasa basket paling dominan dalam sejarah Asia Tenggara, Filipina. Pada babak empat besar, Indonesia akan menghadapi Singapura. Kemarin, dalam laga sangat penting, tuan rumah membekap Thailand dengan skor 65-58.

Kemenangan melawan Malaysia tidak didapatkan dengan mudah. Rony Gunawan dkk mengawali laga dengan buruk, saat tertinggal tujuh poin (17-24) pada akhir kuarter kedua.

Indonesia pelan-pelan bisa memangkas margin dan bisa berbalik unggul 12 poin pada awal kuarter empat. Namun ketegangan menyerang kubu Indonesia ketika Malaysia mampu berbalik unggul 56-55 saat laga menyisakan 4 menit dan 27 detik.

Dalam kondisi tertinggal, point guard cadangan Andakara Prastawa Dhyaksa menjadi pahlawan. Playmaker Aspac Jakarta itru memecah kebuntungan tim ketika sukses melepaskan dua kali tembakan tiga angka, membuat Indonesia kembali unggul, 61-56. Momentum tersebut dipungkasi untuk meraih kemenangan. Pras sendiri tampil impresif dengan raihan 14 poin.

’’Coaching staff tadi cuman bilang untuk main seperti saya biasanya saja dan lepas. Itu tadi memang sudah gaya main saya, jadi senang saja bisa membantu Indonesia menang,” ujar Prastawa.

Timnas putri tidak kalah luar biasa. Lewat pertarungan sengit, Marlina Herawan dkk membekap Filipina 61-56 di OCBC Arena Hall 1.

Bintang Sahabat Semarang Nathasa Debby Cristaline menjadi top scorer dengan 19 poin. Center Surabaya Fever Gabriel Sophia menggila dengan double-double 18 poin dan 17 rebound. ’’Kami sudah kalah sekali, dan kami tidak ingin kalah lagi jika ingin dapat medali,” kata Gaby-panggilannya.

Kemenangan tersebut sangat penting. Sebab raihan positif, telah memastikan medali bagi Indonesia. Saat ini timnas basket putri berada di puncak klasemen. Namun peringkat ketiga Malaysia memiliki kans lebih besar untuk merebut emas karena masih menyisakan dua laga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan