Harga Bahan Pokok Naik

[tie_list type=”minus”]Merangkak Menjelang Awal Ramadan[/tie_list]

CIMAHI – Menjelang Ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) terus merangkak naik. Hal ini dipicu lantaran permintaan kepokmas juga turut meningkat. Dari pantauan Cimahi Ekspres di Pasar Cimindi, terpantau daging sapi Rp 92 ribu menjadi Rp. 95,5 ribu per kilogram.

Pengelola Pasar Cimindi Agus Pendi mengatakan, saat ini harga daging sapi mulai mengalami kenaikan sebesar Rp 3.500 per kilogramnya, namun ia menambahkan, harga daging sapi ini bisa kembali naik esok hari. ”Biasanya menjelang puasa dan lebaran harga daging sapi selalu naik, tapi setelah itu bisa turun lagi. Nah pas mau lebaran baru naik lagi harganya,” kata Agus kemarin (16/6).

Dikatakan Agus, naiknya harga daging sapi itu disebabkan oleh pakan dan obat atau vaksin kesehatan untuk hewan ternak yang harganya pun ikut naik. Sehingga para peternak turut menaikan harga hewan ternaknya. Kendati demikian, pihaknya tetap menyediakan untuk kebutuhan konsumen. ”Walau harga daging sapi naik, tapi untuk stok barangnya tetap kami sediakan,” ujarnya.

Agus menambahkan, pihaknya pun mengkhawatirkan, apabila nanti permintaan masyarakat melebihi stok yang ada dan harga itu bisa terus melambung. ”Saat ini kan sudah naik Rp 3.500, kalau permintaan warga banyak, sudah pasti harganya akan naik lagi. Bahkan harga perkilogramnya bisa mencapai Rp 100 ribu seperti yang sudah terjadi di daerah lain,” katanya.

Sementara itu, penjual daging sapi di Pasar Cimindi Rahmat ,45, mengatakan, naiknya harga daging sapi yang dirasakannya begitu cepat. Ini berdampak terhadap pendapatannya. ”Biasa sehari jual 20 kilo, sekarang cuman 5 atau 7 kilo saja,” katanya.

Selain harga daging sapi yang terus meroket, beberapa komoditas lain seperti bawang merah, bawang putih, serta cabai ikut naik. Untuk harga bawang merah, saat ini Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu. Bawang putih, Rp 20 ribu menjadi Rp 21 ribu. Sementara untuk cabai merah dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu. Sedangkan cabai tanjung Rp 40 ribu menjadi Rp 50 ribu. (gat/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan