Hamilton Pantas Menang di Monza

Kemenangan mutlak Lewis Hamilton di Grand Prix Italia, Minggu (6/9) sempat diragukan karena investigasi soal kecurangan tekanan ban pada mobilnya. Tapi bagi Sebastian Vettel yang sepanjang balapan selalu diasapi Hamilton, pembalap Mercedes itu memang pantas menang di sirkuit Monza.

Lewis Hamilton
Lewis Hamilton

Hamilton menyentuh garis finis dengan keunggulan jauh, 25 detik di depan Vettel. Tapi hasil resmi GP Italia tidak langsung dirilis karena investigasi oleh steward atau pengawas balapan atas tekanan ban di mobil Hamilton tersebut.

Terlepas dari hal itu, Vettel merasa memang kalah telak dari Hamilton, dan tak sungkan mengakui bahwa pembalap asal Inggris tersebut memang jadi yang terbaik dan menunjukkan kelasnya tersendiri di Monza.

”Sulit untuk menghakimi itu sekarang (apa efek dari tekanan ban lebih rendah), karena saya tak tahu apa yang sedang terjadi,” kata Vettel sebelum kasus Mercedes itu akhirnya selesai dan dinyatakan tidak bersalah oleh FIA. ”Secara prinsip itu bisa membuat umur ban jadi lebih panjang, tapi….dengan penuh hormat dan keadilan, ia (Hamilton) telah melakukan tugasnya dengan baik dan Anda harus mengakui hal itu,” lanjut Vettel seperti dilansir crash.

Di awal balapan, Vettel merasa dirinya dan Hamilton tak terlalu berbeda jauh. Dilihat dari catatan lap, tak ada perbedaan mencolok karena Hamilton hanya 0,1 detik lebih cepat untuk satu atau dua putaran. Tapi ketika pembalap asal Jerman itu merasa bisa mendekati Hamilton, sang rival malah melaju semakin cepat.

”Saya kira saya, Felipe (Massa – yang finis ketiga) dan mobil-mobil di belakang, semua mengalami masalah dengan ban, jadi kami kehilangan kecepatan sementara Lewis malah tetap bisa melaju kencang seperti saat di lap-lap awal,” kata Vettel.

”Jadi memang cukup luar biasa melihat ia bisa tampil seperti itu dan tak ada sedikitpun peluang untuk mendekatinya,” lanjut pengoleksi empat gelar juara dunia F1 beruntun tersebut.

Ketika ditanya kenapa ban mobilnya tak bisa bertahan lebih lama seperti halnya Hamilton, Vettel menjawab, ”Saya menggeber mobil semaksimal mungkin dan Lewis, saya kira juga melakukannya dan yeah, Anda bisa lihat sendiri kan catatan waktu lap saya. Dari radio tim saya dapat laporan catatan waktu lap saya terus melambat, jadi saya kira itu karena kekuatan ban kami terus menurun,” kata Vettel.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan