Hadirkan Pusat Pengetahuan

Puspa Iptek Sundial Ailengkapi 170 Alat Peraga

PADALARANG – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat. Terbukti dengan banyak ditemukannya penemuan baru dalam bidang teknologi dan informasi. Baik dalam Indonesia maupun dunia. Kabupaten Bandung Barat (KBB), ternyata memiliki tempat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bernama Puspa Iptek Sundial di Kota Baru Padalarang. Tempat ini merupakan wahana pendidikan yang menyediakan 170 alat peraga interaktif.

Puspa Iptek Sundial
NURDIANI NITA/BANDUNG BARAT EKSPRES

MENCOBA: Dua anak tengah memainkan salat satu alat peraga di Puspa Iptek Sundial. Tempat ini memiliki banyak alat peraga untuk menambah ilmu pengetahuan.

”Puspa Iptek Sundial memiliki 14 program pendidikan berbasis sains untuk para pengunjung, tanpa dibatasi oleh usia pengunjung,” tutur salah satu karyawan Puspa Iptek Sundial Ayu Sindi saat ditemui Bandung Ekspres disela pekerjaannya belum lama ini. Puspa Iptek Sundial menjadi magnet di KBB, rata-rata pengunjung yang datang adalah para siswa dari berbagai kota yang ada Pulau Jawa.

Puspa Iptek mulai dibuka pada 11 Mei 2002. Pengunjung bisa berkunjung setiap hari pada pukul 08.30-16.30 WIB, kecuali hari libur nasional. Hal ini dimaksud agar para pengunjung bisa leluasa berkunjung. Rata-rata pengunjung umum sekitar 68 orang per hari. Akan tetapi, saat pekan, pengunjung bisa meningkat 100 persen.

Salah pengunjung Puspa Iptek Sundial dari SMA Negeri Karang Wereng Ruslanudin mengatakan, dirinya sangat tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut. ”Hal ini karena Puspa Iptek memiliki 2 buah sundial (jam matahari), sundial horizontal dan vertikal. Bahkan Sundial Horizontal adalah sundial terbesar yang ada di Indonesia,” tambahnya.

Sundial horizontal memiliki bidang dial seluas 2.785 meter persegi dan gnomon yang terletak 15 meter diatas bidang dial tersebut. Sementara sundial vertikal, terletak di atas pintu masuk gedung Puspa Iptek. Gedung ini memiliki luas area 50 meter persegi dengan gnomom yang panjangnya 30 meter. Sundail vertikal ini memiliki peran ganda sebagai gnomon untuk sundial horizontal.

Gedung Puspa Iptek Sundail yang terletak di bunderan terdepan Kota Baru Parahyangan memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai jam matahari. Hal ini yang menambah unik dari puspa Iptek Sundail. Dari keunikan tersebut, Puspa Iptek telah dianugrahi dua buah penghargaan oleh MURI. (mg5/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan