Hadang Kejutan di Allianz

Bayern Muenchen vs FC Koeln

MUENCHEN – Allianz Arena pernah jadi tempat bersahabat bagi FC Koeln saat bersua tuan rumah Bayern Muenchen. Setelah Bayern angkat kaki dari Olympiastadion, magis Allianz sering memberi keuntungan bagi Koeln. Magis itulah yang diharapkan Koeln di Spieltag 23, dini hari nanti.

Kekalahan tiga gol tanpa balas di Allianz tiga musim lalu menjadi satu-satunya ’cacat’ klub berlogo kambing ini saat bersua FC Hollywood. Sisanya, Koeln kerap berhasil untuk menahan imbang Bayern, dua kali 0-0 (musim 2009-2010 dan 2010-2011), 2-2 pada musim 2005-2006, dan bahkan menang 2-1 pada musim 2008-2009 silam.

Makanya, ambisi Bayern untuk menambah gap-nya dengan Wolfsburg diprediksi tidak akan berjalan lancar. Selip sedikit saja, maka bersiap saja catatan apik Koeln di Allianz kembali mencuat. Bukan hanya ditahan imbang, kekalahan pun tidak mustahil didapat anak buah Josep Guardiola itu.

Dalam pernyataannya kepada Express, Pep menyatakan dirinya tetap respek dengan The Billy Goats, julukan Koeln. Alasannya, rekor tandang tim lawan cukup bagus. ”Mereka tim jago tandang kedua setelah kami, makanya kami harus berhati-hati dengan status mereka sebagai tim tandang di Allianz,” ujarnya.

Berdasarkan statistik Bundesliga, Bayern mampu memenangi tujuh laga tandang. Koeln dua kali kemenangan lebih sedikit, tapi unggul satu kemenangan tandang ketimbang tim runners up Wolfsburg. Padahal, posisi mereka di klasemen sementara hingga Spieltag 22 masih tercecer di posisi ke-13.

Menurut mantan pelatih Barcelona itu, strategi serangan balik cepat yang kerap menjadi senjata ampuh Miso Brecko dkk dalam mempecundangi lawan. Schalke 04 jadi salah satu tim empat besar yang pernah menuai malu di kandang sendiri saat bertemu Koeln. ”Dari sisi permainan, saya tetap meminta ofensif. Tapi untuk pertahanan jangan sampai lengah, hati-hati dengan serangan balik mereka,” ungkapnya.

Kabar bagus bagi Guardiola. Salah satu pemainnya, Thiago Alcantara kembali berlatih kembali. Pemain berkebangsaan Spanyol itu selama ini masih menjalani pemulihan pasca cedera lutut. Selain Thiago, Bayern masih menantikan Javi Martinez yang juga cedera lutut.

Tinggalkan Balasan