Giok Ratusan Ton Ditemukan di Kerinci

Hasil Penjualan Masuk Kas Desa

GIOK - bandung ekspres
lima miliar: Batu giok harga lima miliar dipamerkan di kontes batu akik di Gedung Graha Pena Padang, beberapa waktu lalu.

KERINCI – Batu yang diduga jenis giok ditemukan di Kerinci. Tak tanggung-tanggung, tingginya mencapai lima meter dengan panjang 20 meter. Lokasi penemuan batu akik tersebut yakni di Desa Sungai Tutung, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci.

Bak gula diurungi semut, lokasi penemuan batu tersebut langsung dipadati pengunjung. Mereka datang bukan saja dari daerah ini, tapi juga ada yang dari luar Jambi. Setiap hari ratusan orang berkunjung. Bahkan, aktivitas pengambilan batu akik dilakukan hampir 24 jam.

Adri Sesva, tokoh masyarakat Desa Sungai Tutung mengatakan, penggemar batu akik dari Bengkulu, Pekanbaru sudah ada yang datang. ‘’Aktivitas pengambilan batu sampai 24 jam,” ujarnya.

Saat ini kata Andri, tokoh masyarakat empat desa Sungai Tutung sudah mengadakan rapat. Di mana dalam rapat tersebut dibuat peraturan desa terkait pengambilan batu akik tersebut. Peraturan Desa itu di antaranya, lokasi batu giok tersebut dikuasai oleh pemuda empat Desa, kemudian untuk mendapatkan batu orang-orang harus membelinya kepada pemuda. ’’Sekarang di lokasi sudah ada parkir yang dikelola pemuda, bagi yang menginginkan batu giok harus membelinya. Harganya masih ratusan ribu, nanti hasilnya masuk kas Desa,” ucapnya.

Namun, peraturan tersebut belum dapat dipatuhi masyarakat, para pemuda pun tidak bisa mengantisipasi masyarakat yang ingin langsung mengambil batu tersebut. ’’Peraturan tersebut belum dipatuhi sepenuhnya, masyarakat tidak bias dilarang mengambil batu,” katanya.

Untuk mengamankan lokasi petugas Polisi dari Polsek Air Hangat Timur berjaga-jaga di lokasi. ’’Polisi ada yang berjaga-jaga di sana,’’ ujarnya.

Dikatakannya, batu diduga giok tersebut melekat di bukit daerah Pemucuk, Desa Sungai Tutung yang berjarak 2 kilometer dari jalan raya. Panjang batu diperkirakan 20 meter dengan tinggi 5 meter. Sedangkan, berat batu diprediksi ratusan ton.

Dia menyebut, tidak mudah untuk mendapatkan batu giok berwarna hijau yang berkualitas super. Karena, masyarakat baru dapat mengambil batu dikulit luar batu saja. “Warna luar batu putih, kalau terbuka kulitnya baru dapat yang hijau, tapi sulit mendapatkannya. Ada juga yang panca warna dibatu tersebut,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan