Genjot Fisik Pemain

Tingkatkan Endurance dan Streght Pemain

SELANG sehari sejak melakoni laga kontra Felda United dalam laga uji coba yang digelar di Stadion si Jalak Harupat, Minggu (11/1) lalu, fisik para punggawa Persib kini tengah digenjot dengan menu latihan yang cukup berat. Seperti, mengkombinasikan teknik sepak bola dengan latihan fitness, angkat berat, dan aerobik.

Latihan Persib
LAKUKAN PEMANASAN: Skuat Persib Bandung
menjalani latihan fisik di Stadion Sidolig, Jalan
Ahmad Yani, Kota Bandung, kemarin (14/1).

Ditemui usai memipin latihan, Djadjang Nurdjaman mengatakan bahwa dirinya ingin terus membentuk kekuatan fisik pemainnya dengan meningkatkan menu latihan. ”Intensitasnya memang tinggi, hari ini (kemarin) kita rencananya akan dua kali latihan, memang program yang di desain adalah weight training dan dispesifikan dengan apa yang dibutuhkan kita untuk pertandingan,” ujarnya kepada wartawan, kemarin (14/1).

Menurut Djanur -sapaan akrabnya-, bagi pemain bola professional, ‪dengan hanya bermodalkan jago  mengolah si kulit bundar saja tidak cukup, hal lain yang menjadi penunjang adalah ketahanan fisik yang prima. Terlebih, dipertandingan sepak bola, waktu berjalan tidak melulu 2x 45 menit. Seperti halnya saat melakoni laga final kontra Persipura Jayapura, Persib Bandung dipaksa bermain hingga 120 menit. Maka dari itu, kondisi fisik prima menjadi sangat penting.

‪”Semua harus kita sentuh dari endurance dan streght. Pemain bola kan harus kuat, karena musim lalu salah satu kunci menjadi juara adalah karena tidak bermasalah dengan kondisi fisik. Kita musim lalu konsisten main 90 menit dalam tempo yang sama dan yang lebih signifikan ketika lawan sudah keram tapi kita tidak,” jelasnya.

Sementara itu, menu latihan dengan intensitas tinggi itu belum bisa diikuti semua anak asuhnya. Muhammad Ridwan yang mengalami cedera di lutut kirinya melakukan latihan terpisan di sisi lapangan bersama fisioterapis, Sigit Pramudya. Sedangkan Dedi Kusnandar dan Yandi Sofyan masih menjalani masa istirahat karena sakit demam.

‪”Untuk Ridwan dia ada masalah otot di belakang lutut, tapi saya yakin itu bukan cedera serius. Kalau Dedi dan Yandi mereka masih demam. Walau sudah menunjukkan perkembangan tapi saya suruh  mereka istirahat dulu,” tutupnya. (mg3/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan