Gempa 4,6 SR Goyang Jogjakarta

SLEMAN – Gempa dengan magnitude sebesar 4,6 SR menimpa warga Jogjakarta dan sekitarnya Jumat (25/9) pada pukul 20:28:54 WIB. Info dari akun BNPB menyebutkan bahwa lokasi gempa berada pada 7.95 lintang selatan, 110.52 bujur timur. Atau 12 km barat laut Gunungkidul dengan kedalaman 10 kilometer.

Banyak dari warga DIJ yang mengaku merasakan getaran selama kurang lebih lima detik tersebut. Di antaranya di Berbah, Sleman, Kulonprogo, Bantul bahkan sampai dengan Klaten dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. ’’Mengingatkan selalu wilayah DI Jogjakarta merupakan daerah rawan gempa, terus jaga kewaspadaan dan hindari kepanikan,’’ demikian seperti dihimbau akun BNPB.

Sementara itu data serupa diungkapkan Kepala Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Mochammad Riyadi. Ia menjelaskan gempa yang dirasakan di DIJ berpusat di 12 kilometer barat laut Gunungkidul. Gempa tersebut berkekuatan 4,6 SR dan berada pada kedalaman 10 kilometer. ’’Benar tadi ada gempa, pusat di barat laut Gunungkidul,’’katanya saat dihubungi Jumat malam (25/9).

Meski gempa cukup kuat dirasakan hingga di luar DIJ, namun dia memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami sebab masih dibawah 5 SR. Dari laporan yang diterimanya gempa begitu terasa di daerah Bantul, Yogyakarta. ’’Tidak ada potensi tsunami. Di Bantul yang terasa sekali,’’ tegasnya.

Dia mengatakan gempa tersebut merupakan gempa tektonik bukan gempa vulkanik. Dia pun menghimbau masyarakat tetap tenang. ’’Ini gempa kecil-kecil ya, pukul 20.28 Wib. Gempa tektonik bukan vulkanik,’’ tandasnya. Akibat gempa tersebut banyak warga DIJ yang terkejut dan berhamburan keluar rumah. Hal tersebut dikarenakan gempa tersebut dirasakan cukup kencang dan membuat kaca bergetar. (riz/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan