Firman Masih Latihan Terpisah

PELATIH fisik Persib Yaya Sunarya ikut menjelaskan tentang kondisi Firman Utina yang belum fit dari cedera hamstringnya. Cedera dialami wakil kapten Persib tersebut kala menjalani final Inter Island Cup (IIC). Kala itu Firman masuk sebagai pemain pengganti dan tidak bisa melanjutkan pertandingan di babak perpanjangan waktu. Tim pun terpaksa bermain dengan sembilan orang pemain setelah Hariono di ganjar kartu merah.

Ada beberapa hal yang harus dihindari Firman selama masa penyembuhan. Yaya Sunarya menyebutkan, intensitas latihan pemain langganan timnas itu tidak boleh dalam porsi berat. Pada latihan kemarin (14/2) Firman hanya menjalani jogging kecil dan umpan-umpan bola di tempat. Pemain kelahiran Manado ini pun terpaksa melakukan latihan terpisah.

”Jogging intensitas tinggi enggak boleh, tapi kan tadi juga hanya jogging-jogging kecil, umpan-umpan bola di tempat masih bisa,” sebut Yaya.

Dari riwayat cedera yang dialami, pemain bernomor punggung 15 tersebut, sudah mengalami cedera kedua. Menurut Yaya, cedera kedua biasanya akan lebih berat dalam rehabilitasnya, butuh waktu sekitar dua minggu dari masa fit sembuh untuk bisa kembali ke kondisi top.

”Cedera kedua biasanya lebih berat, jadi rehabilitasnya harus bener dulu, untuk menuju top kondisi sekitar dua minggu, itu juga harus dengan porsi latihan tinggi,” paparnya

Kendati demikian, keinginan untuk cepat pada kondisi prima, acuan harus dilihat kembali berdasarkan hasil tes dokter. Kesiapan pemain juga diperlukan untuk menggenjot kembali fisiknya nanti.

”Tapi gimana hasil dari dokter dan fisioterapinya gimana. Jangan dipaksain dan gimana kesiapan Firman,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan