Ferrari Penantang Serius Mercedes

JEREZ – Ferrari mencuat menjadi penantang serius bagi juara bertahan, Mercedes GP yang tampil sangat dominan musim lalu. Dengan performa moncer di tes resmi perdana di Sirkuit Jerez, Spanyol, pembalap baru Kuda Jingkrak, Sebastian Vettel melejit setelah dua kali mencatatkan waktu tercepat di dua hari pertama tes.

KOMPAK: Duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Hamilton yang juara dunia tahun lalu, hanya mampu melahap total 91 lap di tes resmi perdana di Sirkuit Jerez, Spanyol.
KOMPAK: Duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Hamilton yang juara dunia tahun lalu, hanya mampu melahap total 91 lap di tes resmi perdana di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Vettel yang menunggangi mobil terbaru Ferrari, SF15-T, kembali jadi pebalap tercepat di hari kedua dengan membukukan waktu 1 menit 20,984 detik, Senin (2/2) tengah malam WIB kemarin. Vettel mampu menajamkan waktunya di hari pertama dan semakin meninggalkan tujuh pebalap lainnya yang ikut tes resmi di Jerez, termasuk duo Mercedes, Lewis Hamilton yang turun di hari kedua, serta Nico Rosberg yang tampil di hari pertama.

Hamilton yang juara dunia tahun lalu, hanya mampu melahap total 91 lap karena tampil di atas lintasan yang basah akibat hujan. Jumlah itu kalah dari rekan setimnya yang mampu meraih lebih dari 100 putaran (157 lap). Namun, Hamilton mengatakan bahwa mobil baru Mercedes terasa sama dengan tahun lalu yang mana itu merupakan pertanda positif buat tim.

Hamilton juga berpendapat bahwa hasil di tes resmi tak dapat dijadikan acuan persaingan di F1 sebenarnya. Tapi itu bukan berarti ia mengecilkan prestasi Vettel yang berhasil membawa Ferrari jadi yang tercepat pada dua hari pertama tes.

Vettel sendiri sepakat dengan pernyataan Hamilton karena menurutnya masih terlalu dini untuk berbicara soal level kompetitif setiap tim untuk saat ini. ’’Terutama karena kita tak bisa membuat perbandingan dengan tim lain, yang bisa saja melakoni tes ini dengan misi berbeda. Walau begitu saya bisa mengatakan hasil ini menggambarkan bahwa kami sudah berjalan di arah yang benar,” ujar juara dunia F1 empat kali beruntun tersebut seperti dilansir dari Vital F1.

Sementara itu, hari kedua tes juga diwarnai oleh masalah teknis yang kembali dialami oleh McLaren-Honda. Akibatnya Jenson Button harus puas dengan enam putaran, sama dengan yang diraih Fernando Alonso di hari pertama. Lebih parah lagi, Button melaju lebih lambat dari Alonso. Catatan waktu tercepatnya adalah 14 detik lebih lambat dari Alonso atau 35 detik di belakang Vettel.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan