Evan Dimas Bawa Indonesia Menuju Semifinal

SINGAPORE – Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke semifinal SEA Games XXVIII/2015. Itu menyusul kemenangan tipis 1-0 atas tuan rumah Singapura, di Stadion Jalan Besar, Singapura, Kamis (11/6) malam. Satu-satunya gol di laga tadi malam, dicetak oleh Evan Dimas pada menit ke-48.

Kemenangan Indonesia sudah terlihat ketika pada babak pertama, Manahati Lestussen dkk mampu tampil dominan. Peluang demi peluang berhasil diciptakan.

Evan Dimas, Adam Alis dan Nuviandani, nyaris membuat Indonesia unggul. Pada menit ke-14, 19, dan 25. Sayang, penampilan penjaga gawang Singapura cukup apik dan membuat skor pada babak bertahan 0-0.

Pada babak kedua, Singapura melakukan pergantian pemain dan mencoba tampil lebih menyerang. Mereka percaya diri karena barisan pertahanan Young Lions, mampu meredam kreativitas Evan-Paulo-Nuviandani.

Tapi, bukan gol, Singapura justru kebobolan setelah berani tampil sedikit terbuka. Berawal dari penetrasi Muchlis Hadi yang kemudian melakukan cut back, sukses disambar Evan dengan tendangan melengkung yang menghujam ke pojok kanan gawang Singapura.

Setelah gol itu, Singapura tampil makin trengginas dan keras. Beberapa kali pemain Indonesia dihajar dan harus jatuh bangun. Tapi, Singapura akhirnya kena getahnya setelah Wai Loon Ho dikartu merah wasit, setelah memperoleh kartu kuning kedua menit ke-64.

Pada semifinal yang akan digelar di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (13/6) Indonesia akan berhadapan dengan pemuncak klasemen grup B Thailand. Sedangkan, Myanmar sebagai juara grup A dipastikan menghadapi Vietnam yang menempati runner up grup B.

Tim asuhan pelatih Aji Santoso itu mengumpulkan nilai sembilan hasil tiga kali menang dan sekali kalah. Sedangkan Singapura, tertahan di peringkat ketiga dengan nilai enam hasil dua kali menang dan dua kali kalah. Petandingan Singapura melawan Indonesia merupakan laga hidup mati bagi kedua tim, dimana akhirnya Indonesia bisa mengatasi tekanan tim tuan rumah yang didukung sekitar lima ribuan penonton tuan rumah.

Pupus sudah harapan tuan rumah Singapura untuk bisa terus berkiprah di ajang SEA Games 2015. Bagi tim Indonesia kemenangan itu membuka peluang untuk merajut prestasi emas pada ajang SEA Games 2015 setelah dua kali masuk final SEA Games 2011 di Jakarta dan SEA Games 2013 di Myanmar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan