Duo Yamaha Kuasai Le Mans

[tie_list type=”minus”]Pedrosa Apes, Marquez Amburadul[/tie_list]

LE MANS- Jorge Lorenzo membukukan back to back juara pada balapan MotoGP musim ini. Jagoan Movistar Yamaha itu sukses menjadi pemenangan dalam seri Le Mans di Sirkuit Le Mans, kemarin (17/5).

Total, pebalap asal Spanyol itu sukses membukukan waktu 43 menit 44,143 detik. Sebelumnya, pemilik dua gelar juara dunia itu juga berhasil memetik kemenangan di Jerez.

Hasil bagus ditorehkan Valentino Rossi yang berada di posisi kedua dengan waktu 43 menit 47,963 detik. Padahal, The Doctor memulai balapan dari posisi ketujuh.

Di sisi lain, sang juara bertahan Marc Marquez justru amburadul. Meski memulai balapan dari posisi terdepan, Marquez finish di urutan keempat dengan waktu 44 menit 4,033 detik.

Kemenangan itu sekaligus mengukuhkan status yang disandangnya sebagai rajanya Sirkuit Le Mans. Menggebrak lomba dengan start sempurna, bintang Movistar Yamaha itu tak tersentuh hingga bendera finis dikibarkan.

’’Ya, aku melakukan start bagus dan langsung melewati (Andrea) Dovizioso di chicane (tikungan beruntun ke kanan lalu ke kiri) pertama. Dan aku berhasil mengamankan posisi terdepan,“ tutur pebalap 28 tahun itu usai balapan.

Lorenzo langsung menggeber YZR-M1 tunggangannya dengan agresif begitu lampu hijau menyala. Saking agresifnya, motornya sempat bersenggolan dengan Andrea Iannone (Ducati).

Le Mans memang begitu familiar dengan rider-rider Spanyol. Dari catatan statistik sejak diperkenalkannya era empat tak pada 2002 dua pebalap tersukses di trek legendaris Prancis tersebut adalah Lorenzo dan Pedrosa.

Podium tertinggi di MotoGP Prancis kemarin adalah kemenangan kelima Lorenzo di Le Mans. Empat di antaranya di kelas MotoGP dan sekali di kelas 250cc. Raihan poin sempurna (25 poin) mendongkrak Lorenzo ke posisi kedua klasemen sementara menggeser Andrea Dovizioso (Ducati).

Kini jarak Lorenzo dengan pemuncak klasemen Valentino Rossi semakin dekat. Duo bintang Yamaha itu hanya terpaut 15 poin. Di seri berikutnya, Mugello bisa jadi bakal terjadi perebutan tempat teratas klasemen antara Lorenzo dan Rossi.

Finis runner-up di Le Mans kemarin membuat posisi Rossi belum tergoyahkan sebagai pemuncak klasemen. MotoGP Prancis menjadi finis 1-2 Yamaha pertama musim ini atau sejak MotoGP Australia Oktober tahun lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan