DPRD Kabupaten Bandung Berikan Kontribusi Terbaik

[tie_list type=”minus”]Dilantik Hingga Kegiatan Reses dan Pilkada Serentak[/tie_list]

bandungekspres.co.id – Sejak dilantik pada 2014, anggota DPRD Kabupaten Bandung yang telah melaksanakan banyak tugasnya. Bahkan, membuktikan kinerja terbaiknya.

Sejumlah kegiatan dewan, baik itu kunjungan kerja, reses sampai dengan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Bandung tahun ini telah ditunjukkan sebagai bagian dari memberikan kontribusi bagi pemerintah. Tujuan utamanya, memberikan kontribusi bagi kemajuan kabupaten Bandung.

Ketua DPRD Kabupaten Bandung H Anang Susanto didampingi para wakilnya Hen Hen Asep Suhendar, Jajang Rohana dan Yayat Hidayat mengaku, pelaksanaan kinerjanya telah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

Anang mengatakan, DPRD memiliki tiga fungsi. Di antaranya, legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah, anggaran, kewenangan dalam hal anggaran daerah (APBD) dan pengawasan,” tutur Ketua DPRD H Anang Susanto.

.”Termasuk kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah. Ketiga fungsi itu telah kami jalankan dengan baik sesuai dengan amanah undang-undang,” tambahnya.

Agenda yang telah dilaksanakan DPRD yang paling terbaru, kata dia, adalah mengusulkan pengangkatan/pemberhentian bupati/wakil bupati kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur. Di mana dalam Pilkada Kabupaten Bandung, DPRD mengusulkan pemberhentian jabatan bupati periode 2010-2015. Sehingga kini jabatan bupati diisi oleh pejabat bupati yang berasal dari provinsi Jawa Barat.

Agenda lainnya yang telah sukses dilaksanakan DPRD kabupaten Bandung adalah pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bandung. Sesuai dengan tupoksi dewan yakni melaksanakan tugas dan wewenang lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bandung membutuhkan anggaran pilkada serentak 2015. Dalam hal ini DPRD kabupaten Bandung juga menyetujui anggaran yang diajukan untuk Pilkada itu.

”Anggaran untuk Pilkada ini kan nilainya cukup besar. Sehingga apa yang disusulkan oleh eksekutif terkait anggaran Pilkada kami setujui sesuai dengan kebutuhan yang diminta,” ujarnya.

Di bagian lain, DPRD Kabupaten Bandung pun telah sukses menggelar sejumlah kegiatan lainnya, yakni reses anggota dewan. Dalam reses itu dewan menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam reses. Tidak jarang reses selalu menjadi ajang curhat masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan