Diskamtam Tambah 200 Pot

[tie_list type=”minus”]Khusus untuk Memperindah Kawasan Braga[/tie_list]

SUMUR BANDUNG – Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) bakal memasang 200 pot tanaman baru di sepanjang Jalan Braga. Hal ini dilakukan untuk melengkapi dan memperindah fasilitas publik di kawasan tersebut.

BRAGA
AMRI RACHMAN DZULFIKRI / BANDUNG EKSPRESKAWASAN FAVORIT: Kendaraan melintas di Jalan Braga Kota Bandung. Rencananya, Jalan Braga akan dilengkapi dengan 200 pot bunga oleh Diskamtam Kota Bandung. Namun, pendanaannya sedang menunggu dari pihak ketiga atau dana hibah.

Kepala Bidang Pertamanan Diskamtam Kota Bandung Dadang Dharmawan menuturkan, model pot bunga yang akan dipasang di Jalan Braga berbeda dengan pot yang dipasang di Jalan Asia Afrika. Pot yang biasa disebut pot model panjang ini ini memiliki dimensi ukuran panjang 120 cm, lebar 30 cm dan tinggi 30 cm.

’’Karena disesuaikan dengan trotoar Jalan Braga. Trotoar di Jalan Braga kan lebarnya tidak seperti di Jalan Asia Afrika. Sehingga tidak mengambil banyak trotoar,’’ ujar dia kepada wartawan, baru-baru ini.

Dadang mengatakan, dipilihnya Jalan Braga, karena sering dikunjungi wisatawan. Selain itu, ruas Jalan Braga panjang maupun Jalan Braga pendek belum dilengkapi dengan ornamen dekorasi tanaman hias. ’’Ruas jalan yang trotoarnya dipasang granit atau beton berpola harus dilengkapi dengan ornamen ornamen dekorasi. Bisa bola batu, kursi, PJU klasik dan media tanaman (pot). Pak wali (Wali Kota Bandung) standarnya seperti itu, semua trotoar harus ada alat kelengkapan fasilitas publik,’’ jelas dia.

Menurut Dadang, pot bunga akan diisi dengan beragam tanaman hias. Seperti, begonia dan pentas. Tanamannya sama seperti tanaman hias yang ditanam di pot model katel Jalan Asia Afrika. Sehingga, kawasan itu akan menjadi lebih cantik. ’’Nanti (potnya) akan ditempatkan di antara bola batu yang sudah terpasang. Jadi satu pot kemudian bola batu kemudian pot lagi, selang seling masangnya,’’ kata dia.

Bentuk pot model panjang tersebut saat ini masih dalam bentuk prototipe untuk diperlihatkan kepada wali kota Bandung. Setelah disetujui oleh wali kota, baru akan diperbanyak. Dadang menargetkan pemasangan pot juga akan diilakukan di sejumlah ruas jalan lain. Misalnya, di Jalan Lembong. ’’Yang jelasnya pot sama dengan Jalam Tamblong atau Braga. Masih disesuaikan,’’ terang dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan