Dibalik Tragedi Kebarakan Pasar Panorama

[tie_list type=”minus”]Penjual Pulsa dan Sopir Ankot Merasa Diuntungkan[/tie_list]

LEMBANG – Kebakaran yang terjadi di Pasar Panorama Lembang beberapa waktu lalu ternyata tidak hanya meninggalkan kerugian saja. Akan tetapi, bagi beberapa orang kebakaran yang terjadi membawa keuntungan. Salah satunya, Puja Indra Putra yang berjualan pulsa di dekat pasar Panorama Lembang. Dia menuturkan, meraup keuntungan lebih dari biasanya saat terjadi kebakaran. Menurut dia, pendapatan menjual pulsa meningkat hingga Rp 2,5 juta saat itu.

Kebakaran Pasar Panorama - bandung ekspres
Istimewa
LUDES: Seorang satpam menjaga sisa- sisa kebakaran yang terjadi di Pasar Panorama Lembang belum lama ini.

”Biasanya stok pulsa tersebut hanya habis dalam satu atau dua hari. Namun malam itu langsung habis,” ujar dia.

Saat terjadi kebakaran, hal terpenting adalah komunikasi. Sementara pulsa merupakan bagian dari komunikasi. Sehingga saat terjadi kebakaran, banyak orang mencari konter ponsel untuk membeli pulsa.

Rata-rata yang membeli pulsa kepada dirinya yaitu para pedagang yang kiosnya terbakar. Mereka menggunakan pulsa untuk mengabarkan kepada sanak saudaranya untuk membantu mengangkut barang. ”Kalau merasa diuntungkan memang diuntungkan dari kebakaran tersebut. Akan tetapi kita bukan bersyukur karena namanya musibah memang bukan kehendak kita,” ucapnya.

Bukan hanya itu, pulsa untuk stok dua hari ke depan sudah habis terjual.

Senada dengan Puja, pedagang pulsa lainnya, Iwan Setiawan mengaku mendapat keuntungan hingga jutaan saat trageti itu.

”Untuk para pembeli pulsa sendiri memang cukup ramai,” ucapnya.

Selain pendapatan penjual pulsa yang berlipat, para sopir angkot pun mendapatkan keuntungan lebih. Salah satunya Asep, 54, yang angkotnya dipakai untuk mengangkut barang-barang sisa kebakaran. Dia mengangkut barang hingga 10 balik.

”Dibilang mendapatkan keuntungan, memang mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, saya juga ikut merasa sedih karena musibah yang terjadi,” tambahnya.

Di samping pasar yang terbakar, banyak angkot yang berjejer mengangkut barang-barang sisa kebakaran dari para pedagang. Keuntungan dirinya dapat pada malam tersebut, sebanding dengan keuntungan selama tiga hari. (mg5/fik)

Tinggalkan Balasan