Di Makkah, Aher Tetap Berkurban di Pakuan

BANDUNG – Walupun saat ini Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sedang menunaikan ibadah haji, namun dirinya tetap berkurban lima ekor sapi di kediamannya di Gedung Pakuan kemarin. Sementara itu, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar yang saat ini berada di Australia juga memberikan hewan kurban sama dengan menyembelih lima ekor sapi.

Sedangkan, Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemprov Jabar menyumbang sebanyak 1.202 hewan kurban. Rinciannya, PNS menyumbangkan 544 sapi dan 658 kambing. Hewan kurban ini juga sudah disebarkan ke berbagai daerah di Jawa Barat.

”Sesuai dengan keinginan beliau Pak Gubernur kurban lima ekor sapi, Pak Wagub juga sama,” kata Plh Gubernur sekaligus Plt Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa ketika ditemui usai salat Ied di Masjid Raya Bandung, kemarin (23/9).

Menurutnya, hewan kurban miliki mereka pun disebar ke sejumlah titik. Salah satunya, seekor sapi milik Aher diserahkan ke panitia kurban di Masjid Raya Bandung.

Iwa Berharap, dalam distribusinya nanti hewan kurban ini akan diberikan kepada masyarakat yang berhak dengan disebar di berbagai daerah. Sementara itu, berdasarkan rilis yang diterima redaksi dari Biro Humas dan Protokoler keberadaan Gubernur sebagai peserta ibadah haji tahun ini merupakan anggota kloter haji biasa dengan Kloter 67 JKS. Ahmad Heryawan direncanakan akan membarikan khutbah di Arafah di maktab tendanya.

Dalam laporan langsung dari Makkah oleh Sekpri Gubernur, Ade Sukalsah, kepada Humas Pemprov Jawa Barat, Rabu (23/9), Aher berangkat dan kemudian berbaur bersama di tenda tanpa ada pelayanan khusus.

”Tidak ada pelayanan yang dikhususkan di tenda reguler, kaya miskin, tua muda, pejabat atau bukan, termasuk juga yang dirasakan Gubernur Jabar,” katanya melalu sambungan telpon langsung.

Khutbah Arafah adalah adalah puncak dari prosesi kegiatan inti haji yakni Wukuf di Arafah yang akan digelar Rabu siang ini waktu setempat. Khutbah ini juga menjadi prosesi yang terakhir dilakukan dalam ibadah haji terakhir (haji wadda) Rasullah SAW pada 10 Hijriah.

Menurut Ade, Maktab 69 tersebut menjadi saksi kebersahajaan Aher yang selain Gubernur, juga Amirul Hajj bagi jamaah Jabar. Selain bercengkrama, Gubernur juga makan-minum bersama jemaah, serta tidur dan terjaga beralas karpet seperti umumnya dilakukan jemaah biasa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan