Dari Rencana Z sampai Kaki Infeksi

”Rencana Z” itu sudah dibicarakan secara rahasia sejak tahun 2012. Yakni, sejak diperkirakan Partai Syriza memenangkan pemilu tahun itu. Disebut rahasia karena rencana ini hanya dibuat oleh empat orang (dipimpin ahli keuangan Jerman Jorg Asmussen).

Hari itu sebenarnya Asmussen sudah siap terbang ke Meksiko untuk pertemuan keuangan dunia. Tapi, karena pemilu di Yunani mengisyaratkan Alexis menang, Asmussen diminta membatalkan tiketnya. Dia diminta tetap tinggal di Brussel, ibu kota keuangan Uni Eropa. Dia diperintahkan untuk menyusun rencana rahasia kalau saja Partai Syriza yang ideologinya jelas-jelas ingin keluar dari sistem keuangan Eropa itu menang pemilu.

Empat orang tersebut melakukan rapat-rapat maraton. Berhari-hari. Tidak boleh ada yang mencatat. Tidak boleh ada dokumen yang dibuat. Semua harus diingat saja di dalam otak masing-masing. Antarempat orang itu juga tidak boleh saling kirim e-mail. Kalau bocor, bisa bikin dunia keuangan panik.

Ternyata Partai Syriza, meski suaranya naik drastis, hanya menduduki ranking kedua. Rencana Z tidak jadi dilaksanakan. Pemerintah Yunani tidak keluar dari sistem keuangan Eropa. Eropa pun mengucurkan bantuan daruratnya.

Tapi, bantuan itu (eh, utang itu) tidak memuaskan Yunani. Juga tidak memuaskan Eropa.

Di mata Yunani, utang itu tidak mengatasi secara tuntas kesulitan ekonomi. Bahkan, syarat-syaratnya sangat membebani. Misalnya, Yunani dipaksa untuk berhemat dan mengencangkan ikat pinggang. Rakyatnya, dengan sistem demokrasi yang ada, tidak siap untuk diajak prihatin.

Di mata Eropa, utang itu juga mengecewakan. Angka-angka ekonomi yang dibuat Yunani ternyata tidak mencerminkan yang sebenarnya. Banyak program penyehatan ekonomi tidak jalan karena asumsi angka-angkanya salah. Angka-angka statistiknya sengaja dibuat agar kelihatan baik untuk bisa memperoleh utang berikutnya.

Adakah kondisi yang lebih menjengkelkan dari ini? Yang memberi utang marah dan yang dapat utang juga marah?

Kalau sampai ”TIDAK” menang referendum kemarin, maka bisa jadi, mulai minggu ini Eropa benar-benar menerapkan ”Rencana Z” yang dulu tidak jadi dilaksanakan itu.

Bagaimana kalau ”YA” yang menang?

Kekacauan ekonomi mungkin tidak sebesar itu. Namun, Yunani harus siap ”menderita” dalam jangka panjang untuk memenuhi syarat-syarat utang Eropa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan