Cita Citata Minta Maaf kepada Warga Papua

PENYANYI dangdut Cita Citata kembali menjadi sorotan publik lantaran dinilai telah melecehkan warga Papua dengan ucapannya dalam sebuah tayangan televisi. Penghinaan yang dilakukan Cita dengan mengungkapkan jika dirinya merasa cantik sehingga tidak seperti orang Papua.

Cita Citata
Cita Citata

Dalam sebuah tayangan tersebut sontak langsung membuat salah satu tokoh Papua, Johannes angkat bicara. ’’Kami tidak nyaman dengan kata-kata cantik kan, nggak seperti orang Papua itu yang mendapatkan reaksi orang Papua,’’ ungkap Johannes belum lama ini.

Menurut Johanes, kalimat yang dilontarkan Cita bukan menunjuk pada satu individu, melainkan ke seluruh warga papua. Hal ini membuat warga Papua mengecam pelantun Janda Atau Perawan itu. ’’Saya sebagai satu kesatuan orang Papua tersinggung. Kalau individu itu masalah individu, kalau sudah masuk etnis kan sebagai orang Papua menjaga harkat martabat orang Papua,’’ tambahnya.

Sadar akan kesalahannya, Cita akhirnya meminta maaf. Permohonan maaf tersebut ditulis Cita melalui akun Instagram-nya. Menurut Cita, permasalahan tersebut hanya kesalahpahaman saja. Pelantun Goyang Dumang itu pun mengaku tak ada niatan untuk menghina warga Papua.

’’Mungkin hanya kesalahpahaman saja soal baju yang pernah aku kenakan. Kata-kata dandanan aku nggak seperti Papua bukan berarti menghina, tapi setahu Cita dandanan khas adat Papua memakai coretan di bagian pipi.Tapi pada saat itu cita nggak,’’ tulis Cita.

Dirinya memastikan jika ia sangat menghargai keanekaragaman budaya yang dimiliki negara Indonesia. Ia pun mengungkapkan permintaan maafnya. ’’Cita tetap mencintai bangsa Indonesia dengan berbagai keanekaragaman adat dan budaya. Apalagi sangat bangga dan cinta terhadap adat Papua. Mohon maaf yang sebesar-besarnya yang tak terhingga kepada seluruh Masyarakat Papua,’’ tulisnya lagi. (amd/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan