Buktikan, Jangan Banyak Alasan

Aji yang mengawali karir kepelatihannya dengan membesut timnas U-17 itu menjawab, bahwa mereka merasa sedih dengan kondisi yang terjadi di sepakbola tanah air. ”Pemain bisa merasakan apa yang terjadi di Indonesia,” ulasnya.

Namun, dirinya masih memiliki optimistis bahwa mereka akan kembali bangkit ketika laga kedua dengan Kamboja pada 6 Juni mendatang. ”Yang penting, pemain bisa fokus dan menghilangkan segala hasil hari ini (kemarin),” paparnya.

Selain itu, dirinya menyatakan bahwa kekalahan yang dialami kemarin murni karena kesalahan yang dilakukan oleh para pemainnya. ”Semoga kami tidak mengulanginya kala melawan Kamboja nanti,” harapnya.

Terpisah, arsitek Myanmar Kyi Lwin tidak mau membeberkan apa yang menjadi kunci kemenangan timnya atas Indonesia. ”Yang penting, saya tidak merasa puas dengan performa tim ini. Kami juga berterima kasih atas dukungan dari fans Myanmar sekalian,” tandsasnya.

Sementara itu, bagi Indonesia, ini adalah catatan terburuk pada laga perdana SEA Games sejak 1995. Indonesia hanya dua kali kalah pada laga perdana cabang sepak bola SEA Games. Pada 1985, Indonesia kalah 0-1 dari Singapura. Sepuluh tahun berselang, giliran Thailand yang membungkam Indonesia pada laga perdana.

Kekalahan dari Myanmar juga memaksa Indonesia berada di posisi paling buncit klasemen sementara Grup A. Myanmar berada di puncak klasemen, disusul Singapura berkat kemenangan 1-0 atas Filipina. Satu tim Grup A lain yang belum bertanding adalah Kamboja.(apu/mio)

Tinggalkan Balasan