Buang Peluang Menang

Secara terpisah, pelatih Argentina Tata Martino kecewa dengan penampilan pemainnya di babak kedua. Dikutip dari FourFourTwo, Tata mengakui anak asuhnya mengalami penurunan konfidensi. Sehingga, pada babak kedua permainan Argentina cenderung lebih melemah.

Kunci kegagalan itu dimulai pada menit ke-55. ”Setelah itu, kami sering bermain ragu-ragu. Kami tidak bisa menguasai pressure seperti yang sudah kami lakukan pada babak pertama. Kami juga tidak bisa memecahkan taktik berbeda yang dilakukan Paraguay,” ungkapnya.

Untuk membalas kegagalan menuai tiga angka pertama ini, Tata menegskan tidak akan banyak melakukan perubahan. Yang dia inginkan dari para pemainnya adalah bermain dengan mempertahankan kontrol pertandingan. Sedangkan untuk gaya bermain, mantan pelatih Barcelona itu menganggap tidak ada yang perlu diubah.

”Saya tidak yakin dengan mengubah bentuk permainan kami bisa menang. Setidaknya kami akan terus mencoba. Untuk sementara kami tidak akan bicara sampai di mana tim ini melaju, perempat final, semifinal atau bahkan juara. Pertama, kami harus mampu mengendalikan permainan terlebuh dahulu,” ungkap mantan pelatih timnas Paraguay di Piala Dunia 2010 dan Copa America 2011 itu.

Di sisi lain, Messi akhirnya bisa memberikan kontribusi nyata di papan skor dalam Copa America ini. Sekalipun hanya lahir dari titik putih. Gol tendangan penaltinya itu didapat setelah Angel di Maria diganjal oleh Miguel Samudio di kotak terlarang. Itu adalah gol dari titik putih keenam Messi sepanjang tahun 2014-2015 ini.

Lima lainnya di level klub bersama Barcelona. Selain itu, gol tersebut juga menjadi yang pertama darinya sejak November silam, artinya sudah lebih dari enam bulan La Pulga tidak mencetak gol untuk timnas Argentina. Kepada situs Playfutbol, Messi menyatakan permintaan maafnya atas kegagalan tiga angka ini.

Sebaliknya, Messi menganggap satu angka ini lahir karena permainan Argentina masih belum panas. ”Dan kami sejak dari laga ini sudah memikirkan bagaimana permainan tim lawan kami berikutnya, Uruguay, dan harus meningkatkan beberapa sisi. Ini masih laga awal, dan akan berlanjut lebih baik lagi,” tegasnya. (ren/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan