BPPMKB Kota Cimahi Atur Besaran Keluarga

[tie_list type=”minus”]Beri Layanan PUS[/tie_list]

CIMAHI – Kunci keberhasilan program kependudukan dan keluarga berencana (KKB) adalah penggerakan dan pemberdayaan keluarga dalam mengatur besaran keluarga meningkatkan taraf kesejahteraan serta kebahagiaan keluarganya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPMKB) Kota Cimahi Maria Fitriani mengatakan, dalam membantu keluarga mengatur besaran keluarganya, selama ini program KKB menyediakan berbagai layanan untuk untuk membantu pasangan usia subur (PUS). Dalam mengatur waktu yang tepat memulai kehamilan, jarak antar kelahiran, jumlah kehamilan dan saat untuk mengakhiri kehamilan. ”Layanan yang diberikan berupa pelayanan berbagai cara kontrasepsi sesuai dengan kondisi dan pilihan pasangan yang bersangkutan,” jelasnya usai pelaksanaan pembinaan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera dan teknis pendataan keluarga di Kedai Ceu Omah, Jalan Kolonel Masturi, Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara, kemarin (26/5).

Dia melanjutkan, untuk membantu keluarga meningkatkan taraf kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga, program KKB memfasilitasinya dengan berbagai beyond family planning yang dikenal sebagai program pembangunan keluarga sejahtera, yang diwujudkan melalui tribina pembangunan keluarga. Yaitu melalui bina keluarga remaja, bina keluarga balita, bina keluarga lansia serta usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera.

Pada 2015 ini, kata Fitri, akan dilakukan pendataan keluarga yang secara bertahap telah dilaksanakan dengan cara mengunjungi setiap keluarga dari rumah ke rumah melalui wawancara dan observasi. ”Berdasarkan arahan gubernur Jabar pada launching pendataan perdana awal Mei lalu, pendataan keluarga ini diharapkan akan data kepala keluarga, istri dan anggota keluarga yang bekerja di luar negeri,” katanya. (mgc2/fik)

Tinggalkan Balasan