BPMPD Akan Gelar Karya Teknologi dari Desa.

BUAH BATU – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Jawa Barat dalam waktu dekat ini akan menggelar pameran teknologi daerah yang khusus pesertanya berasal dari tingkat desa. Kepala BPMPD Dede Rusdia mengatakan, gelar teknologi diadakan untuk melihat sampai sejauh mana masyarakat daerah, khususnya di pedesan bisa menciptakan teknologi untuk diaplikasikan di daerahnya sendiri.

Dia melihat, ternyata di masyarakat tingkat pedesaan juga banyak inovasi-inovasi yang sudah dikembangkan dalam mendukung pertanian, peternakan dan kebutuhan lainnya yang mereka ciptakan sendiri. Selain itu acara ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan gairah masyarakat desa agar mampu mengaplikasikan teknologi dan memanfaatkannya untuk mendukung kehidupan mereka.

”Ternyata banyak dari mereka yang mampu menciptakan teknologi tepat guna untuk mendukung kegiatan mereka,” kata dia

Gelar teknologi ini, lanjut dia, telah dilakukan di tingkat Kabupaten/Kota di Jabar dan masing-masing daerah akan mewakili gelar teknologi di masing-masing daerahnya untuk maju ke tingkat provinsi.

”Sebagai pemenang nantinya, akan mewakili Jabar di tingkat nasional yang akan diadakan di Aceh. Saya berharap Jabar bisa keluar sebagi juara di tinggkat nasional,” ucap dia.

Pada gelaran tersebut nantinya akan dipamerkan karya-karya dari masing-masing daerah yang telah digunakan oleh masyarakat di daerahnya masing-masing.

Dede menilai, dari hasil karya dan prestasi yang disuguhkan dalam gelaran teknogi daerah ini, Pemprov Jabar akan melakukan pembinaan terhadap hasil karya-karya teknologi agar bisa dikembangkan lebih luas.

Karya teknologi yang ditampilkan, sambung dia, bermacam-macam. Contohnya ada penemuan bahan bakar alternatif, alat servis HP, lemari es dari karung Goni dan lainya.

Dede menambahkan, gelaran ini akan diikuti oleh 27 Kabupaten/kota di Jabar yang akan dilaksanakan diadakan di Balikota Cimahi pada minggu ini. ”Nanti karya-karya dari mereka macam-macam dan ternyata sangat inovatif dan mengagumkan. Ini harus mendapat apresiasi dan bimbingan,” tandas Dede. (yan/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan