Bertambah 32.000 Keping

Untuk Pembuatan e-KTP Warga Bandung

SUMUR BANDUNG – Pemerintah pusat sudah mengirimkan 32.000 keping e-KTP ke Dinas Kependukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)Kota Bandung. Keping ini khusus untuk pembuatan e-KTP warga Ujungberung dan Antapani.

Namun, pembuatan e-KTP masyarakat yang usianya masih produktif akan didahulukan. Pasalnya, dari segi kebutuhan, warga usia produktif sangat memerlukan tanda pengenal resmi.

’’Khusus karena dua kecamatan ini banyakterjadi kesalahan cetak, mulai dari jenis kelamin sampai berbagai identifikasi yang salah dan perlu dicetak ulang,’’ kata Sekretaris Disdukcapil Kota Bandung Suhetin di kantornya, Jalan Ambon, kemarin (6/2).

Dua kecamatan tersebut setidaknya membuat mubadzir 27.000 keping e-KTP karena gagal cetak. Hal tersebut yang membuat disdukcapil memfokuskan pencetakan dan distribusi di dua kecamatan itu. Sebelumnya, disdukcapil memberi pengajuan kepada pemerintah pusat mengenai pengadaan keping e-KTP ini. Percetakan e-KTP sendiri sudah dilakukan sejak pertengahan Desember 2014.

Suhetin mengatakan, kepingan yang baru akan digunakan untuk yang benar-benar membutuhkan. Seperti, pemilik pemula. ’’Karena kita kalau ada kesalahan kita nggak tahu, karena kita hanya mendapat tembusan saja. Yang buat itu langsung kelurahan dan kecamatan,’’ kata dia.

Sebelumnya, pemerintah pusat sudah mengamanatkan Kabupaten/Kota untuk mencetak e-KTP secara mandiri. Hal ini disambut baik oleh Disdukcapil Kota Bandung. Pasalnya, masih banyak warga yang belum menerima e-KTP sejak pendataan dilakukan tahun lalu. (fie/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan