Beri Masukan kepada Wali Kota

[tie_list type=”minus”]Bangar Merumuskan Pokok-pokok Pikiran[/tie_list]

CIMAHI – Badan Anggaran (Bangar) DPRD Kota Cimahi menyampaikan saran dan pendapat kepada Wali Kota Cimahi Aty Suharti terkait pokok-pokok pikiran dalam mempersiapkan APBD.

Ketua Badan Aggaran DPRD Kota Cimahi Achmad Gunawan mengatakan, Bangar telah melakukan pembahasan secara rinci dengan memperhatikan aspek filosopis, sosiologis dan yuridis. ”Kami juga telah menerima aspirasi dari masyarakat dan menelaah kemudian merumuskan apa saja yang dapat menjadi prioritas dalam penyusunan APBD tahun 2016,” terangnya kemarin.

Menurutnya, Bangar telah merumuskan pokok-pokok pikiran di antaranya adalah peningkatan tata kelola dan pelayanan publik menuju good governance, mengkaji ulang dan mengevaluasi Perda yang berlaku guna tercapainya produk hukum yang efektif dan efisien. Selain itu, Bangar juga melakukan peningkatan aparatur dalam bidang hukum dan hak azasi manusia dalam mendukung tegaknya perda dan undang-undang.

Di bidang Ekonomi, kata Gunawan, pihaknya sudah menyampaikan pokok pikiran supaya wali kota melakukan kerjasama dalam bidang ekonomi, investasi dan optimalisasi kerja sama, kemitraan dan jejaring antar stakeholder dari dalam maupun luar daerah.

Sementara, di bidang kependudukan, Bangar memberikan saran supaya sinergitas data kependudukan dan berbagai sumber menjadi satu kesatuan pedoman administrasi kependudukan. ” Di bidang transportasi, kami juga menyampaikan soal pertambahan volume kendaraan yang tidak sebanding dengan pertumbuhan badan jalan, sehingga menimbulkan kerawanan baik kecelakaan lalu lintas maupun kemacetan,” paparnya. Dalam hal perencanaan, Bangar juga memberikan masukan kepada wali kota soal perlunya pengembangan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah, prasarana wilayah serta perencanana pembangunan ekonomi. ”Kami juga menyampaikan soal realisasi janji konstitusi yaitu fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara,” pungkasnya. (mgc1/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan