Benahi Pembinaan Olahraga

Revolusi Mental Harus Menjadi Perhatian Pemerintah

BANDUNG – Forum Penyelamat Olahraga Jawa Barat menilai, revolusi mental di bidang olahraga harus menjadi perhatian serius pemerintah untuk memastikan program pembinaan, pelatihan, dan pengurusan organisasi olahraga berjalan dengan baik dan benar.

”Revolusi mental di sektor olahraga harus menjadi perhatian. Masih banyak hal yang perlu dibenahi, termasuk dalam tata kelola organisasi keolahragaan,” ujar Ketua Forum Penyelamat Olahraga Jawa Barat, H. Eka Santosa saat memaparkan pandangannya terkait tata kelola organisasi olahraga pada Musyarawah Masyarakat Olahraga Jawa Barat di Graha Siliwangi, Kota Bandung.

Eka menegaskan, insan olahraga tidak boleh berpandangan jika mekanisme dan pola organisasi serta pembinaan yang saat ini dilakukan sudah paripurna. Masih harus ada proses evaluasi dan pembenahan diri yang dilakukan untuk memastikan proses pembinaan olahraga prestasi berjalan baik.

Mantan Ketua DPRD Jabar dan KONI Jabar itu pun mengaku prihatin karena masih masih adanya beberapa kesalahan dalam tata kelola organisasi olahraga. ”Awal yang baik dari organisasi tentunya akan berdampak pada pembinaan yang baik pula di masa depan,” katanya.

Dia pun berharap, lembaga pembina olahraga seperti KONI jangan disusupi oleh kepentingan politik kelompok manapun. Organisasi olahraga harus diposisikan sebagai organisasi independen yang murni dan fokus dalam hal pembinaan olahraga dan prestasi.

”Untuk itu, revolusi mental harus ditegakan dari hulu hingga hilir. Bila perlu bentuk tim khusus untuk memastikan revolusi mental berjalan di kalangan insan olahraga Indonesia,” tegasnya.

Ketua Forum Olahraga Masyarakat Indonesia (FOMI) Jabar, Adjat Sudradjat menegaskan, revolusi mental harus dimulai dengan keberanian menyampaikan koreksi. ”Sangat disayangkan bila dalam sebuah musyawarah yang dianggap menyalahi aturan, tidak ada yang berani untuk melakukan interupsi. Itu yang harus diubah, bila ada kejanggalan atau kesalahan prosedur maka harus berani menyampaikan penolakan atau argumen,” ujar Adjat yang juga mantan Sekum KONI Jabar itu.

Gelaran Musyawarah Masyarakat Olahraga Jabar yang dinisiasi Forum Peduli Olahraga Jawa Barat mengangkat tema ’Menyongong Kebangkitan Olahraga Jabar Melalui Pengelolaan Olahraga Yang Sehat, Kuat dan Bermanfaat’. Musyawarah yang diikuti beberapa perwakilan dari pengurusa cabang olahraga, tokoh olahraga, serta badang fungsional olahraga di Jawa Barat itu mengupas terkait segala permasalahan pembinaan prestasi olahraga Jabar menjelang PON XIX.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan