Benahi Jalur Mudik

NAGREG – Jelang Ramadan dan Lebaran, beberapa ruas jalan yang biasa digunakan saat arus mudik di Kabupaten Bandung mulai diperbaiki. Seperti jalur selatan di kawasan Nagreg. Jalan sepanjang 760 meter di kawasan tersebut mulai diperbaiki dan ditinggikan dengan cara di hotmix dan beton.

Perbaikan tersebut dilakukan oleh petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Barat. Mereka merencanakan perkerjaan perbaikan tersebut akan selesai sebelum Lebaran. ’’Kami mengupayakan semua beres sebelum Lebaran. Soalnya nanti kan jalur ini dipakai arus mudik dan arus balik saat Lebaran,’’ ujar Asep, 35, salah seorang pekerja kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) disela perbaikan Rabu (3/6).

Saat ini, perbaikan jalan hanya dilakukan di jalur yang mengarah ke timur. Sementara jalur yang mengarah ke barat akan dilakukan setelah arus mudik dan arus balik Lebaran. ’’Untuk saat ini, pengerjaan proyek hanya satu lajur terutama dari arah timur ke barat. Baru setelah Lebaran, perbaikan dari barat ke timur,’’ kata Kanit Patwal Polres Bandung IPTU Kiki Hartaki.

Untuk mengantisipasi kemacetan yang biasa terjadi saat arus mudik dan arus balik Lebaran, proses perbaikan sendiri sengaja dikebut dan dilakukan dari mulai pagi sampai malam hari. Sementara untuk mengantisipasi kemacetan selama jalur tersebut diperbaiki, pihak kepolisian dari Polres Bandung telah melakukan contra flow menuju kawasan tol Cileunyi.

Jalur mudik selatan Nagreg tersebut memang selalu dipadati pemudik saat musim Lebaran tiba. Selain itu, jalur tersebut juga kerap dijadikan sebagai jalan alternatif apabila di Jalur Pantura terjadi kemacetan. (mg15/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan