Belajar Merakit hingga Merancang Program

Beberapa hasil rancangan applicative robot yang berhasil direalisasikan adalah Smart Halte, Pay Trans, Smart Traffic Light, dan masih banyak robot lainnya. Pemenang lomba dalam kategori applicative robot adalah kelompok yang berasal dari STEI dengan robot bernama Smart House, disusul peringkat kedua dan ketiga diraih oleh kelompok yang berasal dari STEI dan FMIPA.

Secara keseluruhan, para peserta menjalani setiap tahapan dengan kompak, mulai dari diskusi hingga realisasi. M. Hardian T dari FMIPA 2014 menuturkan, dengan mengikuti kegiatan ini, dia menjadi tahu cara merakit lego yang dipelajari juga di Singapura. Dia juga mengerti proses programming aktivitas robot, meskipun harus menghadapi tugas yang banyak berupa tugas pendahuluan, tes awal, analisis individu, dan laporan kelompok.

Mahasiswa pun merasa lega setelah menyelesaikan semua tahapan. Dengan berakhirnya kegiatan ini, berakhir pula kegiatan pembelajaran pada mata kuliah PRD II Cluster 1. Sebuah harapan muncul untuk dituai di kesempatan yang akan datang. ’’Harapan terbesarnya adalah semoga ada kerja sama lebih baik lagi dengan dosen-dosen, jadi ide-ide inovasi robotnya bisa lebih dieksplor kembali,’’ ungkap Arif Pawitan (Teknik Elektro 2012) selaku panitia. (rls/cty/arf/tam)

Tinggalkan Balasan