Bakal Terjunkan Water Canon

PANYILEUKAN – Guna membantu masyarakat mendapatkan air bersih di masa kemarau panjang, kepolisian akan turun tangan. Salah satu upayanya dengan menerjunkan mobil water canon.

Menurut Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Moechgiyarto, anggotanya akan turun ke pemukiman penduduk untuk menyuplai air yang sangat dibutuhkan masyarakat di musim kemarau seperti ini.

’’Sudah ada beberapa polres melibatkan water canon untuk membantu mengirim air bersih di wilayah-wilayah kekeringan,” ujar Moechgiyarto di Mapolda Jabar kemarin (7/8).

Moechgiyarto mendorong agar polres-polres melakukan langkah kreatif dalam membantu dan melayani masyarakat yang diterpa kekeringan. Dia tidak menyangkal tidak seluruh daerah di Jabar mengalami kekeringan berkepanjangan. Oleh karenanya, masing-masing kapolres harus mempunyai terobosan kreatif dalam membantu warga di wilayah hukumnya itu.

Kapolda menegaskan, anggotanya turut mengawal proses pembagian air bersih di lingkungan warga yang dilakukan instansi pemerintah serta swasta. Hal itu dilakukan agar warga tidak berdesakan dan berebut yang malah menimbulkan kericuhan.

Tak menutup kemungkinkan pula, polres bekerjasama dengan pemerintah daerah atau pihak swasta untuk mengadakan air bersih bagi para warga.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, ada beberapa daerah rawan kekeringan namun masih bisa memperoleh air bersih. ’’Ada yang masih bisa diatasi tapi polres-polres tetap harus memantau wilayahnya dan membantu warga jika ada yang kesulitan mendapatkan air bersih,” tandasnya. (vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan