Asyiknya Ngabuburit di Taman Kota

BANYAK tempat yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu saat menunggu buka puasa atau ngabuburit bersama keluarga, teman atau bahkan sendirian. Di Soreang, salah satu tempat yang ramai dikunjungi masyarakat yaitu Taman Kota Soreang yang berada di Jalan Gading Tutuka Soreang.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa di tempat tersebut, hanya hamparan tanah penuh rumput yang cukup luas yang baru ditanami sedikit tanaman. Kalau siang hari, cuaca cenderung panas karena sama sekali belum ada pohon rindang untuk berteduh. Namun setiap hari ratusan masyarakat berbondong-bondong menghabiskan waktu ngabuburit mereka di tempat tersebut terutama yang memiliki anak kecil.

Ternyata yang menjadi daya tarik di taman kota tersebut bukanlah tempatnya, melainkan deretan kuda tunggang dan becak mini yang sengaja disewakan untuk anak-anak. Sehingga para orang tua yang tengah mengajarkan anak-anaknya berpuasa senang mengajak bermain di tempat itu untuk ngabuburit, ”Kan anak saya lagi belajar puasa, jadi biar nggak merengek minta buka siang, saya ’bebenjokeun’ naik kuda di sini,” kata Julaeha yang tengah menunggu anaknya berkeliling naik kuda tunggang.

Ada sekitar sepuluh ekor kuda yang sengaja mangkal di sana. para pemilik kuda memasang tarif yang lumayan mahal, yakni Rp 5.000 sekali putaran.

Ujang S, salah seorang pemilik kuda mengatakan, dia dan teman-temannya memiliki berkah yang lumayan di bulan puasa kali ini. Pasalnya, setiap hari mereka meraup banyak rezeki dari hasil meyewakan kuda tunggang. ”Alhamdulillah, rezekinya lumayan bulan puasa sekarang. Setiap hari dapat uang. Lumayanlah dengan menyewakan kuda di sini,” katanya.

Ujang mengaku, setiap harinya mereka bisa mendapat uang hingga lebih dari Rp 100 ribu. Padahal kalau hari-hari biasa penghasilan mereka tidak sebesar itu. ”kalau nggak lagi puasa kan biasanya kita nyewain kuda keliling kampong. Ya penghasilan juga nggak tetap. Kalau di sini ya bisa dua kali lipatnya,” imbuhnya.

Feri, salah satu anak yang menunggang kuda mengaku sangat senang mendapat hiburan semacam itu saat berpuasa. ”senang banget bisa naik kuda di sini. Jadi nggak kerasa lapar lagi,” katanya. (mg15/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan