Asah Kemampuan di Kompetisi Paskibra

SMAN1 Baleendah Kembangkan Kualitas Manusia

SEKOLAH-sekolah di kawasan Kabupaten Bandung mulai menunjukkan geliatnya. Salah satunya seperti yang ditunjukkan oleh SMAN 1 Baleendah. Sekolah yang terletak di Jalan RAA Wiranatakusumah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung mengadakan kompetisi Paskibra 2015 se-Jawa Barat kemarin (25/1).

Sebayak 28 sekolah ikut serta dalam kompetisi Paskibra yang digelar untuk seluruh daerah di Jawa Barat (Jabar) tersebut. Sebayak enam anggota TNI Rindam 3 Siliwangi turun menjadi juri dalam kompetisi.

Kepala Sekolah SMAN 1 Baleendah Drs H. A. A. Sudaya mengatakan, tujuannya mengadakan kompetisi Paskibra tersebut adalah sebagai upaya peningkatan kualitas manusia. ’’Bukan saja dalam hal peningkatan mutu pendidikan di bidang akademis, tapi juga kita mengembangkan program-program lain dalam rangka menggali potensi anak dari keterampilan dan sikap serta prilaku lainnya. Sehingga, dalam hal kegiatan-kegiatan yang dimaksud kita buatkan berbagai macam ekstrakulikuler. Dan di situ di antaranya adalah Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra),’’ kata AA kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) setelah kegiatan.

Dia mengatakan, setiap kegiatan ekstrakulikuler memiliki program sendiri. ’’Untuk PMR sudah berjalan. Untuk kali ini, Paskibra mencoba untuk melakukan satu event. Dimana event-event itu dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Dan tentu saja bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa, baik dalam sudut keterampilan baris berbaris sebagai pengibar bendera, tapi juga pengembangan potensial lain seperti penanaman nilai-nilai luhur dari Pancasilal. Kemudian juga dalam hal menjaga keutuhan NKRI,’’ ujarnya.

Dia juga ingin mengembangkan potensi seluruh siswa di bidang tersebut, salah satunya dengan mengadakan kompetisi agar kemampuan bisa terasah. ’’Alhamdulillah sekarang sudah mulai terdaftar, dan beberapa hari yang lalu kita sudah melaksanakan technical meeting. Dan ini juga diharapkan para pemuda khususnya yang bergaul dan yang termasuk kedalam ekstrakulikuler Paskibra memiliki wawasan kebangsaan, memiliki kecintaan tanah air, kemudian mempererat hubungan silaturahmi antara satu sekolah dengan sekolah yang lain. Sehingga dari potensi itu mereka bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya,’’ tutupnya. (mg14/far/noe/sct)

Tinggalkan Balasan