oleh

Antisipasi Pengamanan Cap Go Meh 2015

 Terjunkan 674 Personel

SUMUR BANDUNG – Sebanyak 674 personel gabungan akan diturunkan untuk mengamankan perayaan Cap Go Meh Kirab Budaya 2015 yang akan dilaksanakan pada hari ini (14/3). Polrestabes Bandung akan menerjunkan 574 personel. Sedangkan, sisanya berasal dari TNI dan instansi terkait, seperti Satuan Polisi Pamong Praja juga Dinas Perhubungan.

’’Seluruhnya akan mulai berjaga sebelum acara dimulai,’’ ujar Kepala Bagian Operasional Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar Dhafi, kemarin (13/3).

Dalam pengamanan kirab budaya sebagai rangkaian Tahun Baru Tiongkok 2566, sambung Dhafi, pihaknya akan mengedepankan tindakan preventif. Dibantu oleh fungsi lainnya demi menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Pasalnya, pelaku kriminal dapat memanfaatkan situasi keramaian seperti itu. ’’Konflik atau perselisihan antar umat beragama pun menjadi antisipasi terhadap gangguan dalam acara tersebut,’’ ucap Dhafi.

Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung Komisaris Santiaji Kartasasmita menambahkan, tujuh ruas jalan di Kota Bandung akan ditutup selama pagelaran itu. Yaitu, Jalan Gardu Jati – Jalan Kebon Jati dan Jalan Cibadak – Jalan Astana Anyar. Sedangkan, dari Jalan Kebonjati ke Jalan Otista hanya digunakan setengah badan jalan. ’’Gardu Jati ke Sudirman ditutup full sampai pawai berakhir,’’ imbuh Adjie.

Kirab Budaya akan dimulai di Vihara Dharma Ramsi di Jalan Kelenteng. ’’Rute arak-arakan barongsai akan dimulai dari Jalan Cibadak menuju Jalan Kelenteng, Jalan Kebonjati, Jalan Otista, Jalan Sudirman, Jalan Astana Anyar dan berakhir di Jalan Cibadak lagi,’’ urai Adjie.

Agar tidak terjadi kepadatan kendaraan saat kegiatan berlangsung, jelas dia, pihaknya menyiagakan anggota Lantas di tiap persimpangan. Jumlah personel yang akan menjaga agar arus kendaraan berjalan lancar sebanyak 100 orang. ’’Kami sudah siap 100 persen untuk mengamankan kelancaran kegiatan,’’ tegas mantan Kapolsek Lembang itu. (vil/tam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.