Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

[tie_list type=”minus”]Diskoperindagtan Akan Gelar Operasi Pasa[/tie_list]r

CIMAHI – Menjelang Bulan Suci Ramdan, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindagtan) Kota Cimahi akan membuka Operasi Pasar (OP). Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi melonjaknya harga bahan pokok masyarakat.

Kepala Diskopindagtan Huzein Rachmadi mengatakan, kenaikan harga kebutuhan pokok selalu terjadi pada saat menjelang puasa. Hal itu diakuinya tak terelakan lagi. Namun Selama kenaikan harga tersebut wajar, maka pihaknya tidak akan mempermasalahkannya.

”Kalau kenaikannya masih dalam kategori wajar, ya bagus. Tetapi, kalau naiknya sudah tinggi, itu perlu dilakukan OP,” katanya.

Untuk OP, pihaknya berharap bisa dilakukan oleh berbagai intansi, baik pemerintah maupun swasta. Pemerintah dalam hal ini Bulog sebagai institusi stabilisitor harga pangan dan swasta perusahaan besar dengan memberikan diskon sebagai kegiatan amal.

Sementara untuk saat ini, pihaknya tengah gencar melakukan OP untuk minuman beralkohol (minol) yang masih beredar di wilayahnya, sesuai dengan peraturan Kementerian Perdagangan. Fokus OP terhadap minol ditekankan kepada mereka pedagang ilegal yang sulit dipantau keberadaannya. ”Kalau pedagang legal kan mudah pengawasannya tinggal dicokok aja kalau bermasalah. Tapi, kalau pedagang ilegal kami sulit memantaunya,” ujarnya.

Sementara itu ditambahkan Huzen, menjelang Hari Jadi Kota Cimahi ke-14 pada Juni mendatang, pihaknya akan mengeluarkan surat himbauan agar seluruh pedagang besar dan kecil untuk mengeluarkan corporate social responsbility (CSR) dengan memberikan diskon kepada masyarakat. ”Nanti surat edarannya akan dibuat untuk disebarkan pada 1 Juni 2015 kepada pedagang untuk memberikan diskon kepada konsumennya dalam menyambut hari jadi setiap tahun,” ujarnya.

Mengenai diskon ini, menurutnya bukanlah hal yang pertama kali dilakukan. Pasalnya, pada tahun sebelumnya pernah dilakukan dan disambut antusias oleh warga. ”Untuk besaran diskonnya bervariasi, tergantung dari perusahaannya. Mereka memberikan laporan kepada kami hasil kegiatan diskon yang mereka berikan,” ujarnya. (gat/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan